Profil Singkat Tiga Calon Pelatih Timnas MLBB SEA Games Vietnam

Billy Rifki
31/01/2022 14:41 WIB
Profil Singkat Tiga Calon Pelatih Timnas MLBB SEA Games Vietnam
garudaku.com

Tahap kedua seleksi pelatih tim nasional esports untuk SEA Games 2022 telah diumumkan. Untuk kategori Mobile Legends alias MLBB, terungkap tiga nama top yang sedang bersaing menjadi juru taktik timnas esports.

Mereka adalah James Chen atau Jamesss, Bjorn "Zeys" Ong dan Lius Andre atau akrab dipanggil Ko Lius. Dua nama sebelumnya pernah (dan masih) menjadi pelatih dua tim MLBB besar Indonesia. Zeys di EVOS Legends dan Jamesss di RRQ Hoshi. Ko Lius pernah memiliki pengalaman singkat jadi pelatih Dewa United meski karirnya lebih banyak di belakang meja caster.

Penasaran seperti apa sosok calon pelatih timnas esports MLBB? Berikut profil singkat mereka!

- James Chen

Pria kelahiran Taipei ini menjadi pelatih RRQ sejak MPL Indonesia Season 3. Saat itu RRQ Hoshi masih memakai label PSG.RRQ. Jamesss juga pernah berkarir sebagai pemain profesional bersama ONIC NV.

Karir kepelatihan Jamesss sendiri tidak dimulai saat aktif di Indonesia maupun Singapura. Ia sempat hijrah ke Amerika Serikat dan bergabung dengan Team Gosu sebagai pelatih. Jamesss mengantar Team Gosu ke M World Series perdana yakni M1.

Di tahun 2015, Jamesss kembali dipinang RRQ yang kali ini sudah berganti nama jadi RRQ Hoshi. Kali ini Jamesss sukses membawa RRQ Hoshi jadi kampiun MPL Season 5, ia bahkan mencetak rekor sebagai pelatih yang sukses mempersembahkan back to back champhion untuk RRQ di MPL Season 6.

Jamesss saat ini aktif sebagai juru taktik untuk Team SMG di Malaysia. Jamesss langsung mempersembahkan gelar perdana untuk SMG sekaligus memberi tiket menuju M3 untuk tim tersebut.

- Bjorn Ong "Zeys"

Zeys adalah salah satu pelatih paling veteran di skena Mobile Legends Indonesia. Sebelum jadi pelatih, Zeys sudah menjajal kompetisi esports berbagai titel game berbeda seperti League of LegendsHeroes of The Storm, dan HearthStoneHeroes of Warcraft.

Ia juga mengikuti banyak turnamen berskala internasional semacam World Cyber Games (WCG) 2009, Game Fest 2013Heroes of the Storm World Championship (HWC) Southeast Asia 2015AoV Golry Cup 2018 dan lainnya.

Di ranah Mobile Legends sendiri, ia terbilang sukses dengan dua gelar MPL ID di season 4 dan 7 serta satu gelar prestisius M World Series pertama (M1) bersama EVOS. Zeys masih aktif menjadi master strategi EVOS Legends, ia juga kerap mengunggah konten tentang update patch dan hero meta terbaik tiap season.

Zeys pernah mengatakan bahwa ia sangat berminat jadi pelatih timnas esports Indonesia. Berkaca dari kekelahan tim MLBB Indonesia oleh Vietnam di SEA Games 2019, ia ingin membantu rekan-rekan EVOS yang saat itu jadi mayoritas penghuni roster timnas untuk balas dendam di kesempatan selanjutnya.

"Gua cuma mau kasih tim gue kesempatan terbaik untuk menang (soal melatih timnas MLBB di SEA Games). Tapi buat gue kalau Indonesia mau menang, lebih masuk akal kalau mengirim satu tim MPL karena ngga ada waktu untuk melatih chemistry lima pemain baru." ucap Zeys

Kita lihat apakah kali ini Zeys mampu mengunci jabatan sebagai pelatih timnas MLBB dan membalaskan dendam Indonesia di SEA Games Vietnam 2022!

- Lius Andre

Dikenal sebagai mantan Esports Manager Moonton Indonesia, ia bergabung dengan publisher Mobile Legends sejak 4 Juni 2018. Dua tahun bersama Moonton, ia mengundurkan diri dan beralih menjadi talent.

Per April 2021, Ko Lius menjajal tugas baru yakni melatih tim Dewa United untuk MDL Season 3. Sayangnya, DU langsung gugur di match pertama playoffs sehingga kiprah Ko Lius belum bisa dikatakan maksimal.

Meski begitu, ia kerap menunjukan kemampuan analisanya bermain Mobile Legends lewat berbagai konten yang menarik dan ringan. Kedekatannya dengan banyak player profesional bisa menjadi kunci komunikasi yang baik bila Ko Lius terpilih menjadi pelatih timnas esports Indonesia.

Siapakah di antara ketiga kandidat di atas yang paling layak memimpin timnas esports MLBB?