Akai Revamp Berpotensi Jadi Hero Tank Terkuat untuk Jungler, Kenapa?

Billy Rifki
09/05/2022 16:35 WIB
Akai Revamp Berpotensi Jadi Hero Tank Terkuat untuk Jungler, Kenapa?
esports.id

Meta tank terus menunjukan eksistensinya di patch Mobile Legends saat ini. Roamer yang makin variatif serta dampak dari item defensif yang makin kuat membuat pemain MLBB beradaptasi dengan hero-hero tank sebagai core utama.

Salah satu yang dapat buff signifikan pada patch 1.6.72 adalah Akai. Akai mendapat revamp dari model serta skill hero yang lebih mematikan. Tak mengejutkan bila impresi pertama pemain melihat potensi baru Akai sangat cocok jadi jungler. Lantas, seberapa kuat Akai revamp untuk jadi tank jungler?

- Farming Jungle yang Cepat

Bukan rahasia lagi kalau keistimewaan tank di meta saat ini adalah damage untuk jungle yang lebih baik. Semakin tinggi darah, semakin cepat monster hutan tumbang walau kalian cuma memakai basic attack biasa.

Begitu juga Akai yang punya darah tebal sebagai hero tank. Tak cuma itu, pasif barunya juga memperkuat basic attack Akai. Tai Chi, menggunakan rumus persentase HP sebagai tambahan damage untuk basic attack.

Setiap Akai menggunakan skill, Akai meninggalkan mark atau tanda kepada lawan, memberikan 50+5% HP sebagai bonus physical damage. Ia juga mendapat shield selama 4 detik. Dari pasif ini Akai sudah mendapat kemampuan menyerang dan bertahan sekaligus.

Selain itu, Akai juga punya skill blink yang mempermudah pergerakannya saat berpindah antar jungle atau melakukan rotasi. Cooldown dari Headbutt cukup singkat yakni cuma 11 detik. Artinya Akai bisa spam skill ini untuk berbagai kebutuhan selama ada mana.

- Damage Tinggi Dari Item Tank

Karena pasifnya memberikan damage berdasarkan persentase HP, Akai tak memerlukan item damage untuk mendaratkan pukulan yang menyakitkan. Dengan item tank standar macam Antique Cuirass, Cursed Helmet atau Sky Guardian Helmet, pukulannya bakal lebih pedih bila mengenai musuh.

Namun, ada juga beberapa item ofensif yang cocok dipakai Akai, misalnya War Axe. Pasif War Axe memberikan penetrasi physical dan movement speed, bersinergi dengan ultimate dps Akai. Selama berputar, kerusakan yang diberikan Heavy Spin akan semakin besar kepada musuh. Memudahkan kamu untuk melakukan kill ke lawan yang terhimpat putaran tornado Akai.

Lebih enaknya lagi, karena damage Akai berasal dari item ia bisa menyesuaikan build item tergantung komposisi musuh. Membeli Athena Shield, Oracle atau Radiant Armor bisa jadi opsi untuk Akai agar tetap tangguh saat diserang musuh berorientasi magic damage.

- Bisa Counter Assassin dan Fighter

Tank jungler seperti Baxia, Hylos, Uranus biasanya memang kuat di early game. Namun, kekuatan mereka bakal menurun di late game sementara musuh bertipe assassin atau fighter bakal lebih kuat. Yang jadi kelebihan Akai adalah scaling powernya yang stabil dari early ke late game. Ini karena potensi Akai terletak pada kemampuannya memberikan stun dalam durasi lama. Lawan yang terjepit putaran Akai tak akan bisa bergerak dan jadi sasaran empuk. Ini jadi ancaman besar bagi assassin yang rentan oleh crowd control. 

Hero seperti Ling, Fanny dan Karina yang lincah bisa Akai jepit dengan cara membaca pergerakan skill mereka. Ling yang salah mengambil pedangnya bakal linglung kalau terdorong tubuh Akai. Apalagi Karina yang inisiasinya cenderung lurus ke depan. Akai bisa memanfaatkan momentum serangan Karina, melakukan Headbutt, mengatur posisi dan mendorong hero tersebut menjauh dari pertolongan rekannya.

Plus, karena Akai adalah tank, mengincar Akai jungler bukanlah tugas yang mudah bagi core lawan yang berkategori assassin atau fighter. Akai bisa melarikan diri atau melawan balik bila situasi memungkinkan.

Ultimatenya juga berdampak besar dalam kontestasi objektif seperti Lord. Untuk mencegah musuh nekat yang ingin mencuri last hit Lord, Akai bisa menjepit mereka di saat yang tepat, membunuh lawan sekaligus mengamankan Lord dalam satu serangan.

- Tank Roamer KDA yang Handal

Melihat potensi Akai jungler yang punya build item sama seperti Akai support biasanya, hero ini tetap efektif dijadikan roamer. Pasif baru Tai Chi membuat Akai berpotensi besar jadi tanker KDA baru seperti Hylos, Hilda atau Grock.

Item terbaik untuk meningkatkan damage Akai sebagai roamer adalah Cursed Helmet dilanjutkan dengan Sky Guardian Helmet. Untuk melengkapi slot senjata Akai, Dominance Ice, Bruce Fore, Breastplate, Blade Armor, Twilight Armor, Immortaliy atau hampir semua item tank yang ingin kamu beli cocok untuk Akai. Tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan tim serta jenis lawan yang dihadapi.

Emblem terbaik untuk Akai adalah emblem tank karena bisa memberi tambahan HP dan cooldown reduction dari talentnya. Alternatif lainnya adalah emblem support karena membuat Akai lebih gesit, namun efek Revamp saat ini sejatinya sudah memudahkan manuver Akai roamer.

Skill yang penting dikuasai memakai Akai jungler adalah mengarahkan dorongan ultimatenya agar musuh terhimpit ke arah dinding atau menggeser lawan terus menerus ke arah back up rekan kalian.

Bagaimana pendapat kalian dengan Akai jungler?