#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

Kemenpora "Godok" Undang-undang Esports, Manfaatnya Apa?

Billy Rifki
14/02/2020 14:11 WIB
Kemenpora "Godok" Undang-undang Esports, Manfaatnya Apa?
Esports.ID Interview

Pemerintah makin getol mempromosikan event esports beberapa tahun belakangan. Terbaru, melalui Kemenpora, mereka punya wacana menggodok Undang-undang Esports.

Sekretaris Menteri Pemuda dan Olahraga, Gatot Dewa Broto mengatakan pemerintah tengah menyiapkan payung hukum untuk esports dan ekosistemnya. Termasuk kemungkinan membuat destinasi wisata esports.

“Semula kami akan mengeluarkan Peraturan Menpora jelang SEA Games 2019 karena esports juga ikut dipertandingkan. Namun setelah melalui beberapa pertimbangan dan mengingat kami akan melakukan revisi Undang-Undang SKN, maka kami akan langsung saja membuatnya ke dalam bentuk Undang-Undang,” ucap Gatot kala konferensi pers Free Fire Champions Cup 2020.

Undang-undang esports sedang dibahas bersamaan dengan revisi Undang-undang Sistem Keolahragaan Nasional (UU SKN). Proses pembahasan diperkirakan memakan waktu sampai beberapa bulan kedepan.

Salah satu pokok revisinya adalah tidak ada unsur atau nama esports didalamnya. Meski begitu, tanpa kehadiran UU tersebut, bukan berarti esports adalah sesuatu yang ilegal dilakukan.

"Sama seperti dulu kami kerja di Kominfo, UU ITE nggak ada itu namanya Facebook, Twitter, Instagram. Tapi bukan berarti media sosial itu ilegal," ujar Gatot menjelaskan.

Tapi, selama ini esports berjalan tanpa UU sekalipun lancar-lancar saja. Memangnya apa manfaat memiliki undang-undang yah?

Setidaknya, fungsi dari pembentukan undang-undang esports khususnya menjamin hak-hak insan terkait tetap terjaga, menetapkan efek hukum yang sesuai bagi pelanggar batasan dalam perspektif pemerintah dan memberikan rasa keadilan.

Artinya, ada banyak problema esports yang punya titik terang andai UU esports diresmikan. Tidak akan ada lagi pelanggaran kontrak sepihak, atau perekrutan pemain secara "bodong", kontrak kerja yang jelas.

Pemerintah juga bisa mengalokasikan dana bantuan berkat legitimasi dari UU esports kepada suatu turnamen atau dalam rangka mempromosikan event besar nasional sebagaimana niatan awal membangun destinasi wisata esports.

Wah semoga proses UU Esports cepat selesai ya supaya kita semua bisa merasakan manfaatnya.