Zlatan Ibrahimovic Rambah Gaming, Danai Platform Esports Negaranya

Billy Rifki
28/08/2020 12:46 WIB
Zlatan Ibrahimovic Rambah Gaming, Danai Platform Esports Negaranya
siliconcanals.com

Industri game saat ini telah melampaui kebesaran industri film dan musik. Pandemi corona yang menghantam dua industri terakhir, tak berdampak pada gamer yang malah meningkat secara kuantitas. Satu hal yang pasti, banyak orang yang kehilangan mata pencaharian akibat wabah ini.

Untuk mengatasi kesulitan ekonomi, Zlatan Ibrahimovic bersama eWTP Innovation Fund, bagian investasi dari grup Alibaba dan Telia Ventures kompak mendanai Challengermode, platform turnamen esports asal Swedia. Tak tanggung-tanggung, dana yang mereka gelontorkan mencapai 10 Juta Euro lebih atau sekitara 172 Miliar Rupiah.

Yamisok Nobar

Target dari investasi ini membuat Challengermode mampu menjangkau lebih banyak peminat, menaikan engagement, monetisasi audien dari brand, pembuat konten, event organizer, developer game dan profesional player. Rencananya, Challengermode juga akan mengembangkan product baru dan cabang di Amerika Utara.

Founder sekaligus CEO dari Challengermode, Robel Efrem mengatakan " Kami sangat bersemangat untuk menyepakati babak pendanaan kali ini dengan dukungan dari sekelompok grup investor kuat yang berbagi visi yang sama dengan kami. Dengan dukungan yang kami punya, kami siap mengerahkan semuanya demi tujuan utama kami yaitu memberikan pengalaman berkompetisi game terbaik untuk setiap pengguna di rumah, dalam game apapun." tuturnya. 

Challengermode didirikan pada tahun 2014 oleh Robel Efrem dan Philip Skogsberg. Dengan misi untuk membuka akses esports kepada siapapun, Challenger mode menunjukan perkembangan signifikan dari pendanaan yang mereka terima.

Swedia sendiri termasuk salah satu negara penghasil gamer profesional terkenal, bisa dibilang negara ini merupakan kiblat industri esports. Selain bintang spakbola Zlatan Ibrahimovic, ada tim Alliance yang pernah menjuarai turnamen The International DOTA 2, Emil "HeatoN" Christensen dan Patrik "f0rest" Lindberg yang disebut sebagai pemain Counter-Strike terbaik sepanjang masa, serta banyak lainnya.

Di Indonesia sendiri, aplikasi serupa telah hadir lama dan disambut antusias gamer tanah air tiap harinya. Yamisok.com telah menggelar puluhan turnamen tiap harinya yang bisa diikuti oleh siapapun. Tak cuma itu, Yamisok juga menyediakan platform media sosial untuk gamer saling interaksi, menambah teman mabar juga market untuk transaksi jual beli. Satu platform, lengkap untuk semua keperluan gamer!

Wah mas Zlatan sudah tertarik investasi di esports nih, apakah dia bakal bikin tim juga seperti teman-teman pesepakbola lainnya?