5 Kesalahan Gamer Saat Push Rank di Bulan Puasa

Billy Rifki
16/04/2021 15:21 WIB
5 Kesalahan Gamer Saat Push Rank di Bulan Puasa
esports.id

Bermain game merupakan alternatif kegiatan yang populer saat berpuasa. Waktu bisa tak terasa berlalu kala kalian push rank sendirian atau main bareng bersama teman. Ada kiat-kiat jitu yang bisa kalian gunakan agar push rank di bulan ramadhan bisa maksimal.

Namun, sobat esports harus waspada dengan rintangan dan hambatan push rank di bulan puasa. Tak jarang, bermain game malah menimbulkan efek negatif dan mungkin mengurangi pahala berpuasa kalian. Berikut adalah 5 hal yang harus dihindari saat push rank di bulan puasa!

Yamisok Nobar

- TERPANCING EMOSI

Saat bermain game yang kompetitif seperti Mobile Legends, DOTA 2, Valorant atau PUBG, tak jarang kita jadi emosi karena tingkah pola rekan setim atau gangguan naik turun tiba-tiba. Reaksi gamer biasanya akan emosi dan berucap kata-kata negatif dengan nada tinggi.

Berpuasa adalah soal melatih kesabaran. Momen ini bisa jadi cara kamu menjaga kepala tetap dingin ketika menghadapi situasi tak menyenangkan. Semakin kamu bersabar saat push rank, siapa tahu selesai bulan puasa kali ini, kamu bisa jadi orang yang lebih tenang saat bermain game dan tidak emosian lagi.

- MELALAIKAN WAKTU IBADAH

Cepatnya waktu berlalu saat bermain game tak jarang buat gamer lupa ibadah. Durasi game yang kadang luput dari kalkulasi kita mengakibatkan banyak gamer lalai untuk menjalankan kewajibannya malah mendahulukan entertainment-nya.

Untuk itu, kamu harus mengatur waktu agar hobi bermain game tak bertubrukan dengan ibadah seperti solat atau mengaji yang lebih diutamakan saat bulan puasa. Pasang alarm sebagai pengingat kalau kamu sering lupa, atau saling mengingatkan dengan teman mabarmu untuk ibadah bersama-sama sehingga berpuasa jadi lebih seru.

- KETINGGALAN SAHUR 

Saking asyiknya mabar dengan teman, tak jarang loh gamer yang melewatkan waktu sahur. Mereka terlanjur dalam pertempuran ketika momen bersantap sahur sudah sampai waktunya. Berekspektasi game akan berakhir cepat, yang ada malah musuh melakukan perlawanan sengit hingga akhirnya kalian harus main sampai satu jam lebih dan masjid sudah siap mengumandangkan adzan.

Bahkan, ada juga loh gamer yang terlalu memanfaatkan waktu main gamenya sampai ia melewatkan waktu berbuka karena kelelahan begadang semalam suntuk hingga siang menjelang. Yang seperti ini sebaiknya sobat esports hindari yah karena bisa mengurangi pahala kalian.

- MENINGGALKAN TARAWIH DEMI PUSH RANK

Banyak gamer yang memanfaatkan waktu setelah buka untuk janjian bersama temannya push rank bareng bukannya pergi bersama ke masjid. Waktu di antara jam 7 hingga 10 malam di rasa sangat optimal untuk push rank karena lazimnya situasi di warung-warung tempat mabar akan sepi karena mayoritas anak-anak sampai remaja akan berada di rumah ibadah.

Sayangnya, hal ini tidak elok dilakukan apalagi kalau sampai tiap hari mengalahkan tarawih demi push rank. Selain kalian kehilangan kesempatan untuk dapat pahala lebih, berbohong ke orang tua saat beranjak dari rumah dengan tampilan seperti ingin terawih tapi malah nangkring di warung adalah dosa.

- PUSH RANK TERLALU LAMA MENINGKATKAN HASRAT BATAL PUASA

Push rank di hari normal biasanya ditemani berbagai cemilan seperti kopi, kacang-kacangan atau kripik agar tetap kenyang dan tidak gabut saat bermain. Namun, di waktu puasa tentu hal tersebut tidak bisa dilakukan kalau mainnya di siang atau sore hari.

Ketika push rank terlalu lama, tubuh kalian bisa kekelalahan, haus dan butuh energi. Ini mendorong kalian untuk membatalkan puasa karena terlalu memaksa tubuh untuk main game tanpa berhenti. 

Lebih parah lagi kalau sudah ada teman kalian yang batal duluan. Biasanya, rekan lain akan mengikuti demi solidaritas atau karena sudah tak tahan juga main game tanpa makan minum.

Itu dia beberapa kesalahan gamer saat push rank di bulan puasa. Semoga momen ramadhan kali ini bisa kalian manfaatkan dengan baik untuk berpuasa dan juga meningkatkan rank kalian bersama teman tanpa menduakan ibadah yang utama.