IES Ligagame

Siap Bergulir, 10 Tim Liga 1 Berlaga di Indonesian Football e-League!

Michael
07/09/2020 18:39 WIB
Siap Bergulir, 10 Tim Liga 1 Berlaga di Indonesian Football e-League!
Indonesian Football e-League (IFeL) Season 1

Di tengah vakumnya kompetisi sepakbola Indonesia akibat pandemi COVID 19. 10 tim sepakkbola profesional Indonesia akan ambil bagian dalam ajang Indonesian Football e-League (IFeL) Season 1. Tak hanya melibatkan tim Liga 1, atlet-atlet profesional Pro Evolution Soccer (PES) tanah air yang sebelumnya tampil di Thai e-League Pro bakal “pulang kampung” untuk membela klubnya masing-masing. 

10 klub sepakbola Liga 1 yang akan ambil bagian di ajang ini adalah PSS Sleman, Persija Jakarta, Arema Malang, Borneo FC, Persik Kediri, PSIS Semarang, Barito Putera, Madura United, PSM Makassar, dan Persita Tangerang.

IFeL sendiri akan menghadirkan total 120 pertandingan, dimana terbagi dalam dua babak, yakni Regular League dan Grand Final. Sepuluh tim akan bertanding secara offline setiap minggunya dalam Regular League di Gamers Paradise selama 9 minggu. Delapan tim teratas akan lolos ke Grand Final untuk memperebutkan trophy IFeL dan total hadiah uang tunai senilai Rp. 50.000.000.

Putra Sutopo, selaku Head of Indonesia Football e-League (IFeL), mengatakan “Meski saat ini belum semua tim Liga 1 ambil bagian di ajang IFeL, turnamen ini merupakan trigger /pemicu untuk klub Liga 1 lainnya untuk berpartisipasi di musim berikutnya. Saat ini IFeL juga sedang membuka komunikasi dengan PSSI untuk menjadikan ajang ini sebagai agenda resmi”.

Kehadiran Rizky Faidan si “anak ajaib” tentu menarik perhatian, mengingat kiprahnya di Thai e-League langsung mengantarkan timnya Buriram United sebagai juara. Tentu Rizky Faidan tak akan dengan mudah merebut gelar juara, mengingat para pesaingnya bukan lawan yang enteng, sebut saja Top Scorer Thai e-League Pro, Rizal Ivander yang direkrut Persija Jakarta, Setia Widianto (PSIS Semarang) dan Elga (Madura United) yang mewakili Indonesia di Asian Games 2018 atau rekannya Lucky Ma’arif (Persik Kediri) kala menjadi runner-up kejuaraan dunia PES 2019.

Ibnu Riza, Ketua Harian IESPA (Indonesia e-Sports Association) yang hadir dalam acara press conference menyambut baik terselenggaranya IFeL. Ia pun mengutarakan prestasi atlet esports Indonesia di kompetisi internasional cukup baik, terlihat dari hasil yang diperoleh dalam ekshibisi Asian Games 2018 dan SEA Games 2019.

Satu hal lain yang membuat IFeL Season 1 menarik, yakni para pemain akan menggunakan klubnya masing-masing yang tentunya membuat tensi pertandingan semakin tinggi. Meski digelar offline, pihak penyelenggara tetap menjaga keselamatan para peserta dengan menerapkan protokol kesehatan. “Seluruh pemain akan dikarantina dalam satu game house, dimana nantinya akan tetap mengikuti standart Kesehatan yang berlaku. Mereka akan diberikan stik /kontroler masing-masing yang akan dibersihkan secara berkala untuk menjaga kesehatan,” jelas Putra Sutopo kala menanggapi pertanyaan dari media.

Kira-kira siapa yang bakal jadi juara di IFeL Season 1 ya Sobat Esports?