IES Ligagame

Junjung Transparansi, Cloud9 Buka Nilai Kontrak Pemain Barunya!

Rendy Lim
11/09/2020 13:41 WIB
Junjung Transparansi, Cloud9 Buka Nilai Kontrak Pemain Barunya!
Setuju ga Sobat Esports kalau setiap pro player di kasi tau nilai transfer atau kontraknya?

Langkah Cloud9 untuk merekrut pemain baru berbakat di CS:GO, Alex 'ALEX' McMeekin tidaklah terlalu mengejutkan. Namun, keputusan mereka untuk merilis nilai dan detail kontrak yang berhubungan tentang perekrutran tersebut berhasil membuat heboh dunia profesional esports. 

Saat General Manajer CS:GO Cloud9, Henry 'HenryG' Greer mengumumkan kedatangan McMeekin ke timnya, pertama kalinya dalam sejarah esports, detail nilai kontrak juga ditampilkan dalam pengumuman tersebut. 

Cloud9 sendiri mengatakan bahwa mereka akan terus merilis nilai dan detail kontrak untuk setiap pemain baru yang nantinya bergabung ke tim. Ini merupakan dobrakan baru di dunia esports. Biasanya, gaji para pro player esports menjadi rahasia yang sangat disembunyikan. Organisasi esports, agen, hingga para pemain sudah pintar menyimpan infomasi privat ini.

Namun, semakin berkembangnya industri esports, ada sentimen yang meminta agar informasi tersebut juga dibagikan sama seperti di olahraga konvensional. Biasanya di cabang olahraga, gaji para atlet disebarkan kepada sesama serikat pemain untuk menunjukkan transparansi dan menjadi tolak ukur.  

Source: esportznetwork.com

Sementara itu di esports, ada gejolak yang tinggi saat membahas gaji para pemain profesionalnya. Ini bisa menjadi langkah awal untuk membantu menciptakan kestabilan dari gaji pemain yang terlalu tinggi, bahkan melampaui pendapatan dari tim atau organisasi esports. 

Di Indonesia sendiri, sudah ada beberapa pemain atau organisasi esports yang mulai buka suara soal nilai transfer hingga gaji seorang pro player. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah kamu setuju kalau setiap nilai transfer pro player harus dipublikasi?