Pro Player Ini Percaya VALORANT Tak Bakal 'Bunuh' CS:GO

Rendy Lim
04/12/2020 12:36 WIB
Pro Player Ini Percaya VALORANT Tak Bakal 'Bunuh' CS:GO
Kalau pendapatmu sendiri gimana Sobat Esports?; Cover: dailyesports.gg

Game milik Riot Games yang rilis tahun ini VALORANT memang sempat menghebohkan para penikmat genre FPS terutama CS:GO. Saat pertama kali dikenalkan, VALORANT selalu digaungkan dapat 'membunuh' atau menggantikan kepopuleran game FPS Valve tersebut. Seiring berjalannya waktu, tak sedikit pro player CS:GO yang bahkan hijrah ke VALORANT untuk mencari peruntungan. 

Apakah hal tersebut pertanda bahwa scene kompetitif CS:GO internasional mulai redup? Berikut adalah pendapat beberapa pro player tentang sudut pandang mereka soal potensi VALORANT menggeser kepopuleran CS:GO. 

Yamisok Nobar

Dalam wawancara dari Dexerto, empat pro player CS:GO berusaha memberi pendapat mereka soal ancaman VALORANT. Mulai dari Coldzera FaZe Clan menganggap CS:GO tak terganggu sama sekali dengan kehadiran VALORANT. Game FPS Valve ini bahkan baru saja menembus rekor pemain baru-baru ini. Coldzera juga menyinggung langkah pemain CS:GO yang tak sukses di scene ini harus berpindah untuk mencari kesempatan di game lain. 

Berlanjut ke Stewie2k yang membahas bagaimana CS:GO dan VALORANT bisa berkembang bersama. VALORANT bisa jadi game yang dimainkan oleh player CS:GO saat bosan. Sementara itu, Karrigan dari Mousesports berpendapat bahwa sulit untuk menyingkirkan CS:GO yang sudah eksis sekitar 20 tahun. Menurutnya masih banyak orang yang berusia 30 hingga 40 tahun bermain CS:GO secara kompetitif. 

Terakhir, Blamef dari Complexity Gaming menyebut kalau dirinya sama sekali belum mencoba VALORANT. Dia berpendapat game tersebut sangat membosankan dan tak suka mekanik dimana grant dapat dilemparkan menembus tembok. Menurutnya scene CS:GO terus berkembang dan selama itu terjadi dirinya tak masalah dengan perkembangan game lain. 

Keempat pro player ini memiliki pendapat sama bahwa tidak ada indikasi yang kuat kalau VALORANT bakal membuat CS:GO hilang. Namun secara statistik jumlah pemain CS:GO cukup berdampak sejak dirilisnya VALORANT. Tentu hal ini lumrah saat sebuah game baru dirilis. Lalu, bagaimana pendapatmu sendiri Sobat Esports, apakah dalam jangka waktu panjang VALORANT bisa mengalahkan scene CS:GO?