GoPay Pesta Gamer

Heboh CS:GO Versi Mobile Beredar di Thailand, Official Ga Yah?

faizalkamill
17/02/2021 16:00 WIB
Heboh CS:GO Versi Mobile Beredar di Thailand, Official Ga Yah?
Global Offensive Mobile

Baru-baru ini khalayak gamer dikejutkan dengan adanya aplikasi “CS:GO mobile” di Google Play Store. Setelah ditelisik lebih jauh, ternyata game ini bukanlah versi mobile dari game buatan Valve tersebut. Game yang diberi judul ‘Global Offensive Mobile’ ini adalah game buatan Cheese WT, studio game dari Thailand, yang bisa dikatakan sebagai jiplakan dari game CS:GO. Saat ini game tersebut masih dalam tahapan CBT(Closed Beta Test) dengan total 10.000 unduhan.

Di Thailand, sama seperti Indonesia, mobile gaming sangatlah populer. Studio Cheese WT pada akhirnya memberanikan diri untuk membuat game rekaan CS:GO versi mobile sejak Valve sepertinya tidak tertarik untuk melebarkan platform ke ranah mobile. Hal yang menjadi meresahkan adalah studio dari Thailand ini selain menggunakan sebagian nama dari CS:GO, mereka juga kurang lebih menyalin garis besar konsep permainannya tanpa izin yang jelas.

Global Offensive Mobile

Beberapa gambar yang dibagikan dalam laman Play Store mereka menunjukan bahwa map dan senjata yang digunakan sama persis dengan CS:GO versi PC. Saat ini game mobile tersebut menyediakan 6 fitur game dan 6 map, 3 diantaranya adalah map Dust 2, Inferno, dan Mirage dari CS:GO. Bukan hanya denahnya yang sama, pihak pengembang dari Thailand tersebut juga tidak mengubah nama dari map-map tersebut.


Global Offensive Mobile

Semua senjata yang ada di CS:GO juga hadir di versi mobile ini, disalin dengan bentuk dan fungsi yang sama persis. Beberapa minggu kebelakang game ini mulai banyak diperbincangkan di internet. Game ini berbobot 1,2 GB yang bisa diinstal di hampir semua smartphone Android dengan kualitas menengah. Komunitas CS:GO cukup kaget dengan adanya berita ini bahwasanya mereka secara terang-terangan menjiplak game CS:GO mulai dari map, senjata, dan bahkan sebagian namanya. Masih belum jelas apakah mereka memegang izin atau bekerja sama dengan Valve namun jika ternyata mereka ditemukan tidak memiliki izin tentu game ini akan segera mendapatkan masalah berupa gugatan hukum perihal pelanggaran hak cipta.

Saat ini game masih dalam tahapan Closed Beta Test sampai dengan 18 Februari nanti. Wajib kita tunggu bagaimana kelanjutan dari game “CS:GO Mobile” ini. Apakah mereka akan terus maju sampai rilis atau berhenti di jalur hukum? Tuliskan pendapatmu Sobat Esports!