Panduan Callouts di Map Kompetitif Baru CS:GO, Ancient!

Rendy Lim
06/05/2021 12:58 WIB
Panduan Callouts di Map Kompetitif Baru CS:GO, Ancient!
Menurutmu gimana soal keputusan Valve menambahkan map baru ini di kompetitif CS:GO?

Valve baru saja melakukan update besar ke CS:GO pada tanggal 3 Mei kemarin. Salah satu yang menghebohkan komunitas pemain kompetitif adalah kehadiran map baru Ancient, menggantikan Train di Active Duty Map Pool. Saat ini, para pemain sedang mencoba mencari tau serta membiasakan diri untuk menghadirkan permainan paling efektif di map ini. 

Mulai dari mencari jalur tercepat untuk mencapai sebuah spot, cara pertahanan terbaik, mengatur strategi komunikasi, hingga callouts yang digunakan untuk tiap site atau spot. Berikut adalah beberapa callouts yang digunakan untuk map Ancient di komunitas CS:GO. 

Yamisok Nobar

Basic map callouts - Ancient; source: AFKGaming

Map callouts di CS:GO merupakan nama atau panggilan yang diberikan untuk spot-spot tertentu. Panggilan tersebut menjadi penting agar para pemain bisa berkomunikasi dengan baik dan mengerti maksud satu sama lain. Bisa dikatakan callouts merupakan 'bahasa' yang digunakan di komunitas CS:GO global. 

Valve sendiri tidak merilis callouts versi mereka ataupun menetapkan list dari pihak lain sebagai callouts resmi. Callouts yang ada ada di setiap map CS:GO biasanya terbentuk dari standarisasi di komunitas seiring berjalannya waktu. Bahkan tiap tim profesional hingga pemain punya bahasa mereka sendiri untuk diaplikasikan.

Advance map callouts - Ancient; Source: AFKGaming

Saat ini belum ada callouts list untuk Ancient yang ditetapkan oleh komunitas dan para pemain masih lebih suka menyebut spot-spot yang ada dengan bahasa mereka sendiri. Namun, kamu bisa menggunakan berbagai callouts yang saat ini beredar, pilih yang menurutmu paling mudah digunakan. 

EliGE map callouts - Ancient; Source: AFKGaming

Dari tiga callouts Ancient yang ditampilkan di atas, perbedaan menonjol ada pada sebutan untuk letak spesifik spot-spot yang berpotensi digunakan untuk bertahan atau menyerang. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, mana nih callouts yang menurutmu efektif untuk saat ini?