Pemain CS:GO Meningkat 50 Ribu, Pertanda Mulai Bangkit?

faizalkamill
07/02/2022 13:20 WIB
Pemain CS:GO Meningkat 50 Ribu, Pertanda Mulai Bangkit?
CS:GO/Valve

Pada awal tahun 2022 ini, jagat CS:GO disuguhkan dengan perkembangan positif dari segi jumlah pemain. Di bulan Januari, tercatat peningkatan sebesar 10,20% dari jumlah pemain yang sekaligus menjadi yang tertinggi sejak 14 bulan yang lalu. Berdasarkan data yang didapat dari Steam Charts, CS:GO kedatangan 55 ribu pemain unik pada awal bulan kemarin. Terakhir kali game FPS besutan Valve ini menembus angka 50 ribu pemain perbulan pada penghujung tahun 2020. Lalu, apakah meningkatnya jumlah pemain ini merupakan awal kebangkitan kembali CS:GO?

Meningkatnya jumlah pemain ini diperkirakan karena adanya perayaan Tahun Baru Lunar atau yang kita kenal dengan Imlek. Sebagai perayaan, biasanya negara-negara di Asia Timur dan Asia Tenggara seperti Indonesia memberikan hari libur kepada para pegawai ataupun pelajar. Hal ini dikatakan sebagai salah satu alasan mengapa di awal tahun ini terdapat peningkatan signifikan dalam jumlah pemain di CS:GO.

Statistik jumlah pemain CS:GO/Steam Charts

Selain peningkatan pemain sebesar 10,20%, di awal tahun 2022 juga terdapat peningkatan rata-rata pemain hingga mencapai 602,376 pemain perbulannya dengan angka tertinggi mencapai 991,625 pemain. Kedua angka ini mewakili pertumbuhan dan jumlah rata-rata pemain yang tertinggi dalam delapan bulan terakhir.

Valve

Beberapa pencapaian tadi bisa dikatakan sebagai langkah CS:GO untuk kembali bangkit sebagai salah satu game kompetitif paling digemari di dunia. Sebelumnya, pada 2021 terdapat penurunan dalam segi jumlah pemain yang cukup signifikan, namun kini angka tersebut sudah mulai kembali stabil. Diharapkan peningkatan jumlah pemain ini bisa terus terjadi hingga turnamen Major yang rencananya akan digelar pada bulan Mei nanti di Antwerp, Belgia.

Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, apakah CS:GO akan benar-benar bangkit?