Konflik di Ukraina Bikin Harga CS:GO Keys Meroket di Rusia!

Rendy Lim
04/03/2022 14:32 WIB
Konflik di Ukraina Bikin Harga CS:GO Keys Meroket di Rusia!

Konflik yang terjadi di Ukraina membuat tidak sedikit negara, organisasi, bahkan perusahaan atau institusi menjatuhkan sanksi ke Rusia. Dampak ekonomi ke negara yang pimpin oleh Vladimir Putin ini sudah mulai dirasakan oleh masyarakat Rusia. Berbagai sektor bahkan game juga terkena dampak, salah satunya di platform Steam, dimana harga CS:GO Keys meningkat lebih dari 50% dari 180 Russian Ruble ke 272 Russian Ruble. 

Perubahan ini dilakukan Valve untuk menyesuaikan nilai dari mata uang Rusia dibanding dengan USD. Selain itu, Valve juga mematikan sebagain besar metode pembayaran Steam dan hanya menyisakan Steam Wallet atau Paypal bagi gamer Rusia yang ingin melakukan transaksi. 

Mulai dari VISA, Mastercard hingga Mir cards dilaporkan tak bisa digunakan oleh gamer di Rusia untuk melakukan transaksi di platform Steam. Tidak hanya para pemain yang mengalami masalah transaksi ini, developer game juga mengeluhkan adanya masalah saat melakukan penarikan keuntungan transaksi. 

Pihak Valve sendiri belum mengeluarkan pernyataan resmi mengenai masalah ini. Di sisi lain, toko game digital lain yakni GOG.com malah menolak transaksi yang menggunakan mata uang Rusia, yakni Russian Ruble. Alasannya adalah ketidakstabilan dari mata uang tersebut saat ini, dan membuat provider enggan memproses transaksi. 

Tingginya perminataan item virtual di Steam membuat Valve terpaksa melakukan perubahan harga ke CS:GO Keys, Capsules, Sticker dan lainnya. Bagaimana pendapatmu Sobat Esports, semoga situasi cepat kondusif sehingga semua gamer bisa kembali bermain dengan tenang yah.