Esports

Sadis! Harga Skin Ini Mencapai 11.8 Miliar Rupiah Dan Termahal di Sejarah CS:GO

Dandesignlab
11/05/2022 06:59 WIB
Sadis! Harga Skin Ini Mencapai 11.8 Miliar Rupiah Dan Termahal di Sejarah CS:GO
Twitter

Mayoritas player CS:GO membeli skin senjata hanya untuk memberikan sentuhan menarik atau karakteristik unik di dalam game. Meskipun tidak dapat meningkatkan skill atau status tembahan, tetapi skin dapat menambahkan personalisasi terhadap player dengan player lain. Sementara player membeli skin hanya untuk fun, namun terdapat beberapa kolektor yang menggunakan skin tersebut sebagai sumber investasi. Tentunya, ini bisa jadi menguntungkan jika barang-barang tersebut diperdagangkan kepada orang yang tepat dengan cara yang apik.

Di antara beberapa transaksi berkeuntungan tinggi tersebut, ternyata terdapat beberapa transaksi fantastis dalam sejarah CS:GO yang terjadi pada Juni 2021 ketika dua skin paling berharga tersebut dijual seharga 780.000 USD atau sekitar 11.3 miliar Rupiah. Kala itu, berita tentang rekor transaksi terbesar di CS:GO telah menjadi headline dimana seseorang yang kemungkinan pengoleksi barang langka telah membeli dua skin berharga miliaran tersebut. Berita tentang kesepakatan ini awalnya dibocorkan melalui video TikTok Tiongkok. Namun, sebagian besar komunitas CS:GO mengetahuinya melalui seorang trader bernama Kirito di Twitter.

Menurut informasi yang dibeberkannya, transaksi besar tersebut dikemas dalam satu kesepakatan dan diduga dilakukan secara Cash On Delivery. Dari TikTok tersebut, terdapat informasi mengenai kedua skin CS:GO tersebut sebagai berikut:

  • Skin pertama yang bisa dilihat di klip adalah 'AWP|Dragon Lore (Souvenir FN)'. Ini merupakan salah satu skin paling langka dan paling dicari dalam CS:GO dan telah menjadi impian seluruh AWP'ers di dunia. Bahkan, skin tersebut disukai oleh pro player CS terkenal, Oleksandr "s1mple" Kostyliev. Skin khusus ini ditambahkan ke dalam game pada Juli 2014 dan merupakan bagian dari Koleksi Cobblestone yang dirilis bersamaan dengan Operation Breakout. Karena tingkat dropnya sangat amat rendah dan hampir mustahil, skin tersebut akhirnya membawa harga yang lumayan dan sangat jarang menemukan player lain yang menemukan skin tersebut didalam permainan. Dragon Lore yang disebutkan di atas bahkan lebih langka dari yang biasanya akibat merupakan varian Souvenir. Dalam arti, skin tersebut diperoleh melalui Souvenir Package pada salah satu turnamen CS:GO Major. Dan oleh karena hal tersebut lah, ini hanya satu-satunya kesempatan pemain memiliki skin tersebut.

 

  • Skin berikutnya adalah 'Case Hardened AK-47 (StatTrak MW 661)'. Senjata ini mungkin tidak mendekati harga yang dibawa oleh skin sebelumnya.  Tetapi, skin ini masih terlihat sangat elegan dan merupakan skin senjata rahasia yang banyak dicari.

 

  • Nilai dari kedua senjata tersebut semakin meningkat karena masing-masing membawa empat stiker '2014 Katowice Titan Holo' yang berarti bahwa total delapan dari stiker tersebut dijual bersama dengan senjata dan secara tidak langsung telah menyatakan eksklusifitasnya dari seluruh transaksi ini. Stiker Titan Holo adalah salah satu yang paling mahal di luar sana dan dirilis sebagai bagian dari EMS One Katowice 2014. Varian stiker Holo dijual seharga sekitar $25.000 USD untuk satu pcs. Jika digabungkan, delapan stiker secara kolektif senilai 200.000 USD atau 2.9 miliar Rupiah.

Berbicara tentang transaksi tersebut, trader CS:GO terkenal lainnya yang menggunakan nama 'zipeL' di Twitter telah meramalkan bahwa 'AWP | Dragon Lore (Souvenir FN)' mungkin dijual sekitar 530.000 USD atau sekitar 7.6 miliar Rupiah. Sedangkan 'Case Hardened AK-47 (StatTrak MW 661)' dijual seharga 250.000 USD atau sekitar 3.6 miliar Rupiah.

Meskipun sumber informasi tersebut sangat terbatas, namun hal tersebut telah menarik banyak perhatian dari komunitas CS:GO dan sangat sah jika dilihat dari tampilannya. Untuk saat ini, sepertinya ini adalah transaksi terbesar dalam sejarah yang menghasilkan gabungan dua skin menjadi yang termahal di CS:GO sejauh ini.