Cloud9 Akuisisi Roster CS:GO Gambit Seharga 1 Juta USD!

Dandesignlab
05/05/2022 19:48 WIB
Cloud9 Akuisisi Roster CS:GO Gambit Seharga 1 Juta USD!
Cloud9

Cloud9 dilaporkan mendatangkan seluruh roster Gambit Esports CS:GO Roster seharga $1.000.000 USD. Roster CS:GO dari Gambit Esports telah bersaing dengan nama netral sejak sanksi yang dijatuhkan ke organisasi esports Rusia oleh beberapa penyelenggara turnamen seperti BLAST, ESL, dan PGL. Mengikuti kualifikasi tim ke PGL Antwerp Major 2022, seluruh roster CS:GO Gambit bersama dengan dua pelatih dan manajer tim resmi diakuisisi oleh organisasi Amerika Utara Cloud9.

Tentunya, ini sangat besar bagi kedua belah pihak yang terlibat. Tak seperti para roster sebelumnya, Cloud9 Colossus, kali ini semua informasi telah dirahasiakan. Namun, seorang jurnalis esports asal Inggris, Duncan "Thorin" Shields dalam video YouTube terbarunya mengklaim bahwa Cloud9 dilaporkan telah menandatangani seluruh roster Gambit Esports CS:GO seharga 1.000.000 USD.

Thorin dalam unggahan YouTube resminya telah memberikan banyak detail tentang akuisisi terbaru Cloud9 terhadap mantan roster Gambit Esports. Hal pertama yang disoroti adalah bagaimana Cloud9 tidak langsung mengakuisisi tim dari Gambit Esports, melainkan ada pihak ketiga yang terlibat yaitu ULTI Agency yang membantu transaksi ini.

"Intinya, cukup penting untuk menunjukkan akurasi secara teknis perihal Cloud9 tidak benar-benar menandatangani pemain dari Gambit," kata Thorin,

"Mereka menandatangani pemain dari ULTI Agency, yang telah menandatangani pemain dari Gambit."

Disisi lain, ini merupakan perkataan yang sama dengan Jack Etienne, selaku CEO dan Pendiri Cloud9 selama wawancara dengan Sports Business Journal. Thorin selanjutnya mengklaim bahwa Cloud9 telah menandatangani seluruh roster termasuk dua pelatih dan manajer tim untuk satu juta dolar.

"Dari yang kabar saya dengar, satu juta dolar ini resmi untuk seluruh lineup. Kemudian mereka mendapatkan dua pelatih dan seorang manajer juga, cukup konyol" seru Thorin.

Jika benar, ini merupakan keuntungan bagi Cloud9 mengingat fakta lineup CS:GO mereka hanya memperoleh telah berada di antara lima tim CS teratas di dunia. Untuk membuktikan penilaian luar biasa dari kesepakatan yang dibuat oleh organisasi Amerika Utara tersebut, Thorin membuat perbandingan berikut:

"Pasca StarLadder Berlin Major 2019, C9 diduga telah menelan biaya Evil Geniuses sekitar 3.000.000 USD untuk membeli lineup NRG yang merupakan tim lima besar pada saat itu."

Berbicara tentang Astralis yang akan dijual, Thorin mengklaim harga yang diminta pada saat itu berada di kisaran rata-rata sekitar tiga hingga lima juta dolar untuk seluruh roster.

"Tentang harga Nikola "NiKo" Kova─Ź, Marcelo "coldzera" David pada tahun 2020, ia mengklaim harga mereka berada disekitar empat hingga lima juta dolar."

Pemain Rusia yang belum teruji, Ilya "m0NESY" Osipov, yang melangkah ke sirkuit CS:GO kompetitif teratas untuk pertama kalinya dilaporkan telah menelan biaya 600.000 USD untuk ditransfer dari G2 Esports dan dari NAVI Junior. Jika semua angka yang disajikan di atas dianggap benar, itu hanya membuktikan lebih jauh betapa beruntungnya Cloud9 dengan transfer ini untuk mempertimbangkan semua faktor tambahan yang memengaruhi kesepakatan ini.

Bahkan Thorin melanjutkan dengan mengatakan bahwa "untuk mendapatkan skuad ini seharga satu juta dolar, itu adalah salah satu kelebihan dan kekurang paling gokil yang pernah ada. Ini merupakan nilai uang yang luar biasa, salah satu kesepakatan nilai terbaik untuk uang yang pernah ada di CS:GO."

Bagaimana menurutmu sobat?