Major Terakhir CS:GO Disaksikan 1,5 juta Penonton

Mallasak
24/05/2023 15:49 WIB
Major Terakhir CS:GO Disaksikan 1,5 juta Penonton
Team Vitality juara Turnamen Major CS:GO terakhir, BLAST Paris Major 2023

Tim tuan rumah Team Vitality berhasil menjadi juara dalam Turnamen Major CS:GO terakhir, BLAST Paris Major 2023, yang telah rampung dilaksanakan. Team Vitality berhasil menundukan GamerLegion dengan skor 2-0 di babak grand final.

Turnamen tersebut ternyata menyita perhatian publik sebab berhasil mencatatkan jumlah penonton sebanyak 1,52 juta selama putaran finalnya. Denga nbegitu maka turnamen tersebut menjadikannya sebagai acara terpopuler ketiga dalam sejarah gelaran tersebut.  Statistik yang dicatat oleh platform data esports, Esports Charts, juga menunjukkan bahwa Paris Major masuk ke dalam lima besar gelaran CS:GO dalam hal jumlah jam tontonan. Secara total, acara ini mengumpulkan 58,89 juta jam tontonan dan rata-rata jumlah penonton sebanyak 507.688 orang selama 116 jam tayang.

Meskipun jumlah penonton puncaknya mengesankan, penting untuk dicatat bahwa BLAST.tv Paris Major masib belum bisa mengalahkan IEM Rio Major 2022 turnamen besar sebelumnya, dalam hal jumlah penonton dan jam tayang. IEM Rio Major, mencatat 69,5 juta jam tayang selama 127 jam, dengan jumlah penonton rata-rata 548.100 orang.

Perwakilan BLAST mengatakan kepada Esports Insider bahwa jumlah penonton dari BLAST.tv, platform baru penyelenggara turnamen, tidak dihitung oleh Esports Charts. Platform ini sangat didorong selama acara berlangsung, dengan BLAST.tv yang memungkinkan streaming 4k dari Major dan acara pasca-acara secara eksklusif di platform tersebut.

BLAST paris Major 2023
BLAST mengkonfirmasi kepada Esports Insider bahwa perusahaan ini bekerja sama dengan Esports Charts untuk mengintegrasikan statistik platformnya sendiri. Terkait hal ini angka pastinya belum bisa diungkapkan oleh BLAST pada saat artikel ini ditulis, dan oleh karena itu tidak jelas berapa jumlah penonton yang sebenarnya.

Pertandingan yang paling populer adalah grand final antara organisasi esports lokal Team Vitality dan tim underdog yang berbasis di Jerman, GamerLegion, yang keluar sebagai pemenang. Dalam hal jumlah penonton, Team Vitality adalah organisasi paling populer dalam turnamen ini, mengumpulkan sekitar 666.000 penonton. Diikuti oleh Heroic (519.700) dan FURIA (485.100).

Meskipun tidak masuk dalam lima besar organisasi esports berdasarkan jumlah penonton rata-rata, pertandingan GamerLegion mencatatkan jumlah jam menonton terbanyak, dengan total 10,9 juta jam selama acara berlangsung.

Major berikutnya akan menjadi awal dari era baru dalam Counter-Strike dengan peralihan dari Global Offensive ke CS2. Major yang akan diadakan pada tahun 2024 akan diselenggarakan oleh PGL di Kopenhagen.