Yamaha Top Banner December 2023

Cheater Legendaris CS:GO, Forsaken, Bebas dari Masa Hukuman Setelah 5 Tahun

faizalkamill
27/10/2023 17:00 WIB
Cheater Legendaris CS:GO, Forsaken, Bebas dari Masa Hukuman Setelah 5 Tahun
liquipedia

Lima tahun lalu tepatnya pada tanggal 24 Oktober 2018, Koalisi Integritas Esports telah menghukum Nikhil ‘forsakenā ’ Kumawat dengan larangan berkompetisi dalam aktivitas esports dengan organisasi anggota ESIC selama 5 tahun. Pemain CS:GO asal India tersebut dihukum setelah ketahuan menggunakan cheat di turnamen eXTREMESLAND Asia Finals 2018 dan sebelumnya di India Premiership Fall Finale.

Namanya telah dikenal di komunitas esports lewat meme “word.exe” yang berasal dari aplikasi cheat yang ia ganti nama menjadi word.exe ketika ia tertangkap basah oleh pihak panitia. Kini Forsaken telah menyelesaikan masa hukumannya dan secara teknis bisa kembali bermain di turnamen esports.

Timnya saat itu, OpTic India, didiskualifikasi dari eXTREMESLAND 2018 atas insiden tersebut. Forsaken sendiri langsung dipecat dari tim setelah diumumkan menerima larangan bermain setelah diinvestigasi. Forsaken juga menghapus seluruh akun media sosialnya setelah menerima kritikan pedas dari publik.

“Jika saya bisa kembali, saya mungkin akan melupakan hari pertama saya bermain Counter-Strike – tidak ada hal baik yang terjadi pada saya sejak saya memainkan game itu. Saya sangat menyesal kepada rekan tim saya, manajemen OpTic dan orang-orang yang selalu menaruh kepercayaan mereka kepada saya. Saya merasa bersalah karena mencuri peluang dari rekan satu tim saya. Masing-masing dari mereka sangat berbakat dan saya telah membahayakan peluang mereka untuk mencapai tempat yang pantas mereka dapatkan,” ucap Forsaken mengenang tragedi tersebut dalam wawancaranya bersama AFK Gaming.

Kini masa hukuman kompetitifnya telah selesai dan pemain asal India tersebut bisa kembali bermain kompetitif. Namun, karena pedoman kelayakan RMR baru dari Valve yang diterapkan pada tahun 2021, Forsaken tidak bisa bermain di turnamen Valve setidaknya hingga setelah 21 September 2024.

Sejak pengumuman larangan bermainnya telah selesai, komunitas esports CS:GO masih belum mendengar kabar mengenai rencana ke depannya dari sang pemain. Dia telah pensiun dari CS:GO sejak pertama kali menerima hukuman dan diperkirakan tidak akan kembali ke panggung esports jika melihat jejak karirnya selama ini.