Update DOTA 2, Musim Perdana dengan MMR Model Teranyar

Billy Rifki
23/11/2017 15:12 WIB
Update DOTA 2, Musim Perdana dengan MMR Model Teranyar
blog.dota2

Kehadiran sistem matchmaking yang baru pastinya membuat para MMR Warrior di DOTA 2 menjadi was-was karena takut upaya selama ini jadi sia-sia bila MMR mereka hilang begitu saja. Beberapa pemain lain masih ada yang melihatnya sebagai hal positif dan keadilan manakala sistem lama telah menghambat mereka dengan sering bertemu pemain 'beban'. Jadi, bagaimana sebenarnya sistem MMR teranyar dari Valve ini?

Sebelumnya, kamu harus maklum dulu, karena sistem matchmaking yang lama sudah bertahan kurang lebih 4 tahun sejak pertama kali diimplementasikan pada penghujung tahun 2013 silam. Jadi mungkin karena terlalu keenakan dan merasa nyaman, pastinya akan memunculkan perdebatan di kalangan pemain dan fans DOTA 2.

Valve menginginkan sistem rating yang bisa diukur secara berkala (6 bulan untuk satu musim pertandingan) dan mengusung konsep Rank Medal, dimana setiap awal musimnya semua player akan mendapat rating sesuai performa serta pencapaiannya di musim sebelumnya. Ada 7 tahapan Rank Medal, yakni Herald, Guardian, Crusader, Archon, Legend, Ancient, dan Divine. Masing-masing tahapan tersebut akan dibagi lagi dalam 5 fase atau peningkatan level sebelum kamu dapat melompat ke jenjang Medal berikutnya.

Di musim perdananya, mulai dari sekarang, Valve akan mengkalibrasi MMR semua pemain yang sudah didapat sebelumnya untuk peratingan awal. Nilai MMR yang kamu peroleh selama pra-musim tetap tercatat dan bisa kamu akses via profil masing-masing.

Bila berkaca dari International Ranked yang pernah Valve keluarkan, banyak orang mendapatkan hasil kalibrasi yang berbeda tipis dengan MMR sebelumnya. Jadi jangan terlalu khawatir kehilangan MMR, atau jangan terlalu bersemangat juga kalau kenaikannya tidak signifikan. Bisa jadi ini dikarenakan sistem rank terbaru memperluas cakupan kelas dari para pemain MMR, maka point atau rank tertentu mungkin memiliki perbandingan yang berbeda dengan sistem MMR sebelumnya.

Di sistem Rank Medal ini, bermain Party dan Solo akan berkontribusi terhadap ratingmu, meskipun penilainan kalibrasi akan lebih tinggi bila bermain solo. Khusus untuk pemain di rank Ancient dan Divine, satu-satunya sumber rating-mu adalah solo matchmaking. Bila tidak puas dengan MMR yang kamu raih, jangan khawatir rank ini akan terus dikalibrasi ulang setiap enam bulan.

Ada yang masih bingung? Jangan ragu, yang penting langsung  saja menangkan game sebanyak mungkin dan raih hasil terbaik di sistem Rank Medal DOTA 2, di musim perdananya ini!

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1743
2 Xtreme Gaming 1568
3 BetBoom Team 1521
4 Team Liquid 1521
5 CyberBonch-1 1520
6 Gaimin Gladiators 1489
7 Tundra Esports 1480
8 Azure Ray 1465
9 VGJ Storm 1450
10 OG 1441