[GUIDE] Axe, Jenderal 'Rusuh' Berkekuatan Besar dan Padat Fungsi

Billy Rifki
27/12/2017 15:06 WIB
[GUIDE] Axe, Jenderal 'Rusuh' Berkekuatan Besar dan Padat Fungsi
dotabuff

Berperawakan besar dengan otot mengembang dan kulit merah, disertai suara lantang untuk menantang lawan berperang, Axe a.k.a Mogul Khan adalah hero tanker beratribut Strength/STR yang unggul dalam pertarungan jarak dekat. Semakin banyak musuhnya, Axe pun makin rusuh dengan serangan baliknya, karena Counter Helix mampu berikan kerusakan signifikan terhadap musuh yang berani masuk dalam radiusnya.

Padat fungsi sebagai disabler dan inisiator yang handal berkat taunt mekanik area + boost armor pada skill 1, Berseker’s Call buat Axe selalu ditakuti apalagi ditambah Blink Dagger, sebagai item wajibnya.  Dalam situasi 1 on 1, Axe dipastikan selalu unggul meski menghadapi hero range sekalipun. Axe mampu ciutkan nyali lawan via Battle Hunger (skill 2) yang berikan kerusakan per detik dan memaksa lawan bertahan di lane sambil bergidik ketakutan bersandingan dengan Axe, atau kabur meninggalkan lane dan terima kekalahan tak terbantahkan.

Keunggulan:

  • Kuat melawan carry melee, mampu habisi banyak creep dengan cepat
  • Fleksibel dalam laning, mampu transisi dari lane ke jungle
  • Hanya butuh sedikit item untuk bisa beri kontribusi maksimal
  • Crowd Control yang multifungsi, bisa untuk menggiring musuh maupun stop movement.
  • Cocok melawan banyak carry dengan BKB
  • Beri buff kepada tim setelah pemakaian sukses Culling Blade.

Kelemahan:

  • Mudah dihabisi dengan magic damage
  • Mana pool sedikit

Gameplay

Miliki keunggulan awal berkat Counter Helix, Axe bisa blok wave creep pertama dan dapatkan level 2 dengan mudah. Namun perhatikan komposisi lawan yang miliki hero jarak jauh dan punya kemampuan slow maupun magic damage karena bisa bikin Axe sedikit ‘bingung’. Hero seperti Venomancer mempunyai slow yang mampu membendung pergerakan Axe, atau support macam Lion dan Shadow Shaman mampu kapitalisasi kesalahan Axe bila memutuskan untuk blok creep.

Memahami pergerakan kedua support lawan akan menguntungkan Axe, bila berada dalam posisi satu lawan satu, kamu bisa balikan situasi di offlane dengan penggunaan efektif dari Battle Hunger. Dalam lane, pahami mekanik agro creep juga vital dalam memaksimalkan potensi Berseker’s Call dan Counter Helix agar terpicu sebanyak mungkin.

compLexity.Moo Axe build

Utamakan itemisasi equip early untuk bisa berotasi ke hutan dan dapatkan item core. Boots, Magic Wand, dan Stout Shield sudah cukup untuk bertahan di lane. Tranquil Boots akan menambah regenerasi yang membuat proses farming Axe lebih terjaga. Namun akhir-akhir ini, Phase Boots jadi pilihan banyak offlaner professional karena potensi farm dan movement speed yang lebih reliable, terlebih tambahan talent +40 Attack Speed untuk Axe di level 10 bisa tingkatkan potensi farm dan kill secara bersamaan.

Evaluasi kesuksesan laning dan performa tim, Axe bisa gunakan Force Staff setelah Blink Dagger atau Vanguard agar lebih gesit dalam inisiasi maupun hindari kematian-kematian krusial. Item armor cocok untuk Axe namun beberapa yang dapat sorotan khusus yakni Blade Mail dan Lotus Orb. BM akan tingkatkan Damage, armor,  mana pool, dan kerusakan Berseker’s Call karena miliki efek membalikkan damage fisik musuh.

Sementara Lotus Orb menaikan nilai armor, mana pool, dan regenerasi disertai efek dispel yang hilangkan banyak debuff. Efek aktif Echo Spell buat Axe jadi makin merumitkan hero-hero support yang andalkan point target magic skill karena efek dari skill tersebut akan berbalik mengenai sang caster.

Beberapa item situasional berfungsi baik dengan Axe seperti Radiance, Heaven’s Halbred, Assault Cuirass, bahkan Dagon. Berkat Culling Blade, Axe miliki keunggulan melawan hero macam Huskar yang menyimpan darah sesedikit mungkin untuk keluarkan potensi terbaiknya. Dazzle dan Abaddon akan alami hari yang cukup buruk bertemu Axe karena skill mereka, Shallow Grave dan Borrowed Time mampu ditembus selama berada dalam damage threshold Culling Blade.

Strong versus/ counter hero

Beberapa hero melee akan kepayahan hadapi Axe di awal game macam Phantom Assasin atau Spectre. Luna dan Weaver akan jadi makanan empuk bila Axe sudah dilengkapi Blink Dagger karena attack range mereka tidak terlalu jauh. Keistimewaan Berserker’s Call untuk menembus magic immune bikin Axe jadi pertimbangan terbaik hadapi Juggernaut maupun Lifestealer. Namun hati-hati karena kedua hero miliki skill yang mampu memutarbalikkan situasi seperti Omnislash dan Wound-Feast-Rage.

Ursa adalah salah satu hero melee yang senang hati berhadapan dengan Axe walau dalam posisi 1 on 1 karena Fury Swipes mampu gerogoti ketahanan Axe. Zeus, Pugna, dan Jakiro mampu berikan damage magic signifikan kepada Axe sekaligus kendalikan pergerakan Axe bila kekurangan item untuk melarikan diri. Begitu pun hero yang bisa kurangi armor macam Templar Assasin maupun Slardar, karena bila kehabisan Berserker Call , maka Axe menjadi makanan empuk bagi hero dengan skill set minus armor.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1743
2 Xtreme Gaming 1568
3 BetBoom Team 1521
4 Team Liquid 1521
5 CyberBonch-1 1520
6 Gaimin Gladiators 1489
7 Tundra Esports 1480
8 Azure Ray 1465
9 VGJ Storm 1450
10 OG 1441