Kehadiran Patch 7.07d Bikin Morphling dan Medusa Kian 'Nyusruk'!

Billy Rifki
20/12/2017 11:33 WIB
Kehadiran Patch 7.07d Bikin Morphling dan Medusa Kian 'Nyusruk'!
joindota

Naik turun perjalanan morphling di patch anyar 7.07 sepertinya menemukan ujungnya. Setelah jadi 'lelucon' pada rework di patch pertama, perlahan tapi pasti Morphling jadi andalan di Pro Scene bersama Tiny yang juga terdampak reworked. Morphling jaman now, berikan fleksibilitas tak terduga untuk meniru kemampuan lawan selagi konsisten dengan gaya bermain heavy burst Ethereal Blade + Adaptive Strike.

Yamisok Nobar

Namun satu yang paling menyulitkan ketika berhadapan dengan Morphling adalah kemampuannya mengubah atribut dari AGI ke STR. Pemain Morph yang andal akan mampu memancing lawan menggunakan skill ini, baik untuk ofensif ataupun skill defensive dimana attribute shift mampu selamatkan Morphling dari situasi kritis, salah satunya dengan mengubah banyak serangan lawan jadi sia-sia.

Sebelumnya, skill ini hanya akan 'terkunci' dengan silence, namun kini Valve berikan keistimewaan untuk skill berefek stun juga mampu menghentikan attribute shift milik Morph. Dampaknya adalah Morphling akan lebih mudah dibunuh bila tidak memperhitungkan rasio attributnya dengan baik. Terlalu banyak AGI akan membuat darahnya semakin sedikit yang artinya lebih cepat mati, sedangkan menumpuk STR melemahkan kemampuan farm karena damagenya mengecil.

Meskipun terlihat bagai tamparan keras dari Valve, namun balance ini diperlukan karena kehadiran Morph di pro scene maupun pubs mulai terkesan 'nyampah'. Harapannya dengan nerf ini akan berikan garis pembatas yang jelas bahwa makin beresiko penggunaan Morphling dapat sesuai dengan reward akhir yakni kemenangan.

Tidak hanya Morphling, karena late-game changer Medusa juga terkena dampak nerf di 7.07d. Pengurangan Strength Gain dari 1,5 ke 1,3 akan membuatnya lebih masuk akal untuk dibunuh apalagi perubahan tambahan pada item Necronomicon yang kini miliki lebih banyak mana break (20/30/40 > 30/40/50) jadi alat mematikan untuk membakar habis mana Medusa.

Movement Speed dan damage juga mengalami pengurangan mengingat prioritas item Medusa seperti Phase Boots dan Manta yang ditambah efek Slow dari Eye of Skadi seringkali tidak memberi kesempatan lawan untuk bisa kabur dari hujan panah Medusa. Kemampuan farm Medusa dan carry lain jadi sedikit melambat dengan pengurangan gold pada ancient creep sebesar 10%.

Beberapa nerf lainnya juga menghantam hero macam Omniknight yang harus terkendala pengurangan radius Purification dari 575 ke 450. Hal ini akan berdampak masif bagi Omni support karena dia harus makin dekat dengan tim untuk memberi heal, namun khusus Omni offlane yang seringkali menggunakan Purification untuk keperluan burst damage, bukanlah masalah berarti selama Degen Aura masih se-imba sekarang plus talent.

Selain hero, beberapa item juga terkena penyesuaian terutama item yang laris di patch saat ini seperti Manta Style yang berkurang tambahan Movement Speed dan Attack Speed-nya, serta Mask of Madness ditambah pengurangan armornya. Namun ada juga item yang mendapat diskon seperti Aeon Disk yang semakin murah harga resepnya, dan Meteor Hammer mendapat pengurangan channeling. Selengkapnya bisa kamu cek di sini.