Ujaran Rasis Kuku-Skemberlu Berbuah Ban Hingga TI9?

Billy Rifki
26/11/2018 09:58 WIB
Ujaran Rasis Kuku-Skemberlu Berbuah Ban Hingga TI9?
gosugamer

Hati-hati dalam berbicara! Apalagi seorang public figure, seperti halnya atlet esports, yang harusnya menjadi contoh bagi para fansnya.

Kini, nasib nahas menimpa Andrei "Skemberlu" Gabriel Ong dan Carlo "Kuku" Palad. Keduanya kedapatan melontarkan kalimat berunsur rasis dalam match, di waktu yang berdekatan. 

Skemberlu, atau Skem, menuliskan ujaran rasis tersebut pada turnamen resmi DreamLeague 10 Minor saat berhadapan dengan tim Cina, Royal Never Give Up. Sementara Kuku melakukan hal yang serupa di pub match. Dampak dari kasus tersebut membuat pemerintah Cina melarang Skem-Kuku ikut serta dalam Chongqing Major Januari mendatang. Secara eksplisit, organizer Chongqing Major mengatakan "Event ini tidak menginginkan pemain seperti mereka".

Pelarangan pemain dari pihak organizer sudah dikonfirmasi oleh Cyborgmatt dan Jack "KBBQ" Chen. Pihak penyelenggara yakni StarLadder dan ImbaTV juga melayangkan surat kepada tim tempat Kuku dan Skem bernaung, TNC dan CompLexity. Mereka memastikan apakah tim akan mengeluarkan baik Kuku dan Skem dari roster saat ini karena keduanya di-blacklist akibat ujaran rasisme terhadap Cina.

CompLexity secara tegas telah memberikan sanksi bagi Skem, begitu juga Kuku yang mendapatkan hukuman dengan pemotongan hadiah kemenangan meski kedua pemain sudah melakukan permohonan maaf. Lebih menakutkan lagi adalah kemungkinan blacklist yang bakal bertahan hingga The International 9 yang sudah diumumkan jauh-jauh hari bakal terlaksana di Cina.

Beberapa pemain pro DOTA 2 merasa sikap pemerintah Cina dan organizer tersebut agak berlebihan. Mereka adalah PPD, Admiral Bulldog, dan juga EternalEnvy, orang yang menghijrahkan Skemberlu ke tanah Amerika. Valve sudah didesak untuk segera mengambil tindakan secepatnya, namun respon yang lambat membuat orang terlanjur bereaksi.

Kira-kira apa langkah terbaik yang harus Valve lakukan menurut Sobat Esports?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1673
2 BetBoom Team 1554
3 Team Liquid 1520
4 CyberBonch-1 1520
5 Xtreme Gaming 1515
6 Tundra Esports 1487
7 G2 x iG 1469
8 Azure Ray 1465
9 OG 1464
10 VGJ Storm 1450