Valve Kikis Hero Ngelunjak, Ada yang Lolos Nerf di 7.20b?

Billy Rifki
22/11/2018 13:43 WIB
Valve Kikis Hero Ngelunjak, Ada yang Lolos Nerf di 7.20b?
dota 2 blog

Baru sehari kena efeknya, patch 7.20 sudah digodok lagi dengan penyesuaian baru. Bahkan melalui patch terbarunya, Valve merilis beberapa perubahan yang cukup tendensius dan mengarah ke hero paling positif di hari pertama.

Luna, Meepo, Slark, dan Underlord menjadi contoh hero-hero yang kena 'kikis' setelah catatkan persentase kemenangan tertinggi saat patch 7.20 diluncurkan.

Valve segera "menyeimbangkan" keempat hero tersebut dan beberapa lainnya demi tercipta permainan yang lebih adil. Meepo yang mendapatkan skill baru bernama Ransack mengalami nerf cukup menyeluruh. Mulai dari damage Poof, Ransack steal damage reduce, sampai attribute gainnya lebih miris. Bahkan talent-nya pun ikut terkikis agar potensi late gamenya lebih masuk akal.

Hal serupa dialami oleh Luna dan Slark yang ability barunya dikurang-kurangi dengan harap tak menjadi terlalu cancer. Kedua hero ini mampu mendulang persentase kemenangan 5% lebih tinggi dari patch sebelumnya, menjadikan kedua hero pemimpin dalam kategori hero pemilik win rate tertinggi minggu ini.

Berbicara kesuksesan patch, Sand King dan Lone Druid lebih gokil! Mereka malah raih 10% kemenangan lebih tinggi sejak implementasi 7.20. SK yang sebelumnya ada di angka win rate 44.62% kini naik menjadi 55,28%. Lone Druid yang notabene hero dengan win rate terburuk di DOTA 2 (sempat menyentuh 36%), saat ini menjadi hero auto-win dengan 51,31% win rate. Valve jelas tak menginginkan hal berlebihan seperti itu.

Namun, di 7.20b tidak nampak nerf untuk Ogre Magi, Bounty Hunter, dan Lion, tiga hero yang mengalami peningkatan pick rate hingga 14-16% lebih banyak. Mengingat ability reworked ketiganya terbilang yang paling imbalance.

Dibalik nerf sekumpulan hero populer, Valve mencoba mengangkat pahlawan terpinggirkan di 7.20 dengan buff yang tidak bisa diremehkan. Drow yang kehilangan daya tarik setelah Precision Aura digembosi, kini daya gedornya meningkat berkat tambahan attack speed aura sampai 80%, termasuk base agility yang dinaikkan demi fase early lebih kuat.

Outworld Devourer, Clinkz, Storm Spirit, dan Chaos Knight disertakan dalam kaum buff dari patch 7.20. Melihat tren pick saat ini, bagi yang masih penasaran dengan serangkaian skill-skill baru, tidak heran bila Valve bersiap merilis patch 'pengikis' selanjutnya dalam waktu dekat. Terutama menyasar hero dengan pick rate tinggi sebelum turnamen Pro Circuit di tahun depan berlangsung. Rincian lengkap patch 7.20b bisa klik DI SINI.

Hero mana yang menurutmu terlalu imba dan masih perlu di-nerf, Sobat Esports?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1650
2 BetBoom Team 1556
3 Xtreme Gaming 1543
4 Tundra Esports 1539
5 CyberBonch-1 1520
6 Team Liquid 1513
7 Azure Ray 1465
8 OG 1455
9 Gaimin Gladiators 1453
10 VGJ Storm 1450