Pendapat Para Pro Player DOTA 2 Soal Format Drafting 2-3-2

Billy Rifki
15/09/2020 17:23 WIB
Pendapat Para Pro Player DOTA 2 Soal Format Drafting 2-3-2
Source: vpesports

DOTA 2 terus mengalami perubahan gameplay. Tak cuma soal aspek permainan bahkan dalam segi drafting kerap disematkan inovasi baru agar tetap fresh dan para pemain tergerak untuk adaptasi terus menerus.

Salah satu perubahan anyar adalah format drafting yang kini jadi 2-3-2 dari sebelumnya 4-1-1. Artinya, pemain harus melakukan ban pada 2 hero lebih dulu sebelum melakukan pick. Ini tentu jauh berbeda dari format lalu yang mengharuskan empat hero tersingkir dari kemungkinan pick. Adapun perubahannya dirasakan langsung oleh para pro player yang pendapatnya dikutip dari vpesports berikut ini:

KuKu (Offlaner, TNC/Geek Fam/Among Us)

"Ini sangat mempengaruhi drafting secara drastis, karena kalau tim kalian punya tiga atau empat hero yang biasa kalian andalkan, kalian mungkin bakal mendapatkan setidaknya dua dari hero tersebut karena cuma dua hero yang bisa di ban dalam fase ban pertama. Ini bisa mempersempit pilihan ke sesuatu yang lebih spesifik, dan bisa mempengaruhi porsi drafting di nantinya karena hal ini menimbulkan reaksi hero-hero kuat dipilih lebih dulu"

Save (Support, VP.Prodigy)

"Sistem ban yang baru sangat cocok untuk tim dengan hero pool sempit. Dengan hanya dua ban di fase pick pertama, jadi ada kebebasan untuk memilih hero terkuat di fase awal pick. Dampak terbesar dari perubahan ini adalah tim yang memilih kedua atau dapat second pick menutup fase first pick dan bisa memilih hero carry lebih awal. Kemudian diikuti dengan tiga ban yang bisa digunakan untuk mem-ban tiga hero yang bagus melawan carry kita. Tim yang dapat second pick juga mengakhiri fase drafting terakhir yang bisa digunakan memilih hero mid, jadi bisa ku katakan second pick mendapat buff dari perubahan ini"

Blitz (Pelatih, Liquid)

"Sebenarnya ini sangat menarik, aku ingin mengatakan cukup sulit untuk kena strategi receh sekarang, jadi akan ada banyak tim yang senang melawan kita saat ini karena kami adalah tim Broodmother."

Era (Support, Ninjas In Pyjamas)

"Ini sejatinya adalah hal tersulit yang coba ku pelajari saat ini karena akulah yang melakukan drafting di Dota PIT. Sangat tricky untukku memahami bagian pertama fase pick dan ban. Ini memungkinkan orang untuk memulai drafting dengan pakem strategi tertentu di awal sehingga kamu bisa mendapat kombinasi bagus kemudian. Bisa hero yang kamu sukai dalam tim, dan bila musuh dapat hero yang bisa menganggu strategimu, mereka bisa mengubah visi draftingmu atau untuk melindungi hero yang ingin mereka pilih."

Mikoto (Midlane, BOOM Esports)

"Ini membuat fase ban pertama sangat penting dan ini membuat proses pemilihan hero yang diinginkan harus dipikiran secara matang sebelum melakukan ban. Plus, di tiap patch akan selalu ada 3 sampai 4 hero overpower sehingga akan selalu menyulitkan saat melakukan drafting."

Menurut kalian, apakah drafting seperti ini lebih menarik atau malah membingungkan?

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1743
2 Xtreme Gaming 1568
3 BetBoom Team 1521
4 Team Liquid 1521
5 CyberBonch-1 1520
6 Gaimin Gladiators 1489
7 Tundra Esports 1480
8 Azure Ray 1465
9 VGJ Storm 1450
10 OG 1441