Berjalan Selama 2 Tahun, SumaiL Kalah Lawan Evil Geniuses di Persidangan

Aldodanoza
13/03/2024 03:46 WIB
Berjalan Selama 2 Tahun, SumaiL Kalah Lawan Evil Geniuses di Persidangan

Pro player Sumail 'SumaiL' Hassan umumkan kekalahan di meja hijau melawan Evil Genius yang memakan waktu dua tahun untuk mendapatkan titik terang. Sidang tersebut melibatkan SumaiL yang membuat dokumen komplain terkait permasalahan saham preferen miliknya yang berubah menjadi saham biasa tanpa sepengetahuan dirinya di Evil Geniuses. Pihak Evil Geniuses maupun Peak6 masih belum memberikan tanggapannya terkait kemenangan melawan SumaiL.

Kronologi dari pertarungan hukum tersebut dimulai ketika SumaiL mendapatkan 400 ribu lembar saham di Evil Geniuses pada September 2016 lalu, namun ketika organisasi esports tersebut diakuisisi oleh Peak6 Strategic Capital pada 2019, saham SumaiL berubah tanpa sepengetahuan dirinya. Bahkan penanggungjawab dari perubahan saham tersebut yakni anggota Peak6, tidak memberikan informasi terkait perubahan saham tersebut, oleh karena itu SumaiL membuat dokumen komplain dan membawanya ke meja hijau.

Perubahan benefit dan aset yang SumaiL miliki tersebut tetap dalam persetujuan dan kontrak yang ada di Evil Geniuses, dan negosiasi tersebutlah yang membuat SumaiL mencoba untuk menempuh jalur hukum. Evil Geniusese mengetahui bahwa perubahan ini tidaklah merusak kontrak, mengingat upah bulanan dan insentif tetap ditawarkan oleh SumaiL. Hingga saat itu di pertandingan SumaiL di The International 2019, SumaiL telah ditawarkan amandemen pada kontraknya yang mana ia bisa bermain di tim lain.

Kontrak amandemen tersebut membuat SumaiL bisa ditarik ke tim lain dengan penurunan upah bulanan yang berkurang, serta dilarang untuk bermain di turnamen lain kecuali kualifikasi Dota Major bersama tim barunya. Oleh karena itu, SumaiL menawarkan kembali pelepasan klausa mutual pada 2019 yang mana ia bisa terlepas dari obligasi kontraktual.

Sidang tersebut membawa dua pihak yang menyampaikan argumen di hadapan juri, yang membahas klaim pelanggaran kontrak, pelanggaran kewajiban fidusia, serta tuduhan lainnya. Putusan tersebut yang disampaikan pada 1 Maret 2024 ini, memenangkan Evil Geniuses dan Peak6 dari segala aspek, yang membuat kerugian yang dialami oleh SumaiL tidak dapat diperoleh untuknya.

Upcoming Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Ongoing Tournament Lihat Semua >
Belum ada event
Video Pilihan
Solo MMR
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
This leaderboard is currently unavailable.
Team MMR
1 Team Falcons 1646
2 BetBoom Team 1585
3 CyberBonch-1 1520
4 Xtreme Gaming 1514
5 Team Liquid 1510
6 Tundra Esports 1510
7 OG 1492
8 Azure Ray 1465
9 Gaimin Gladiators 1453
10 VGJ Storm 1450