Yamaha Desember

Penting Kemampuan Makro atau Mikro? Bang Fayad Menjawab!

SlushiesDrinker
19/08/2022 11:00 WIB
Penting Kemampuan Makro atau Mikro? Bang Fayad Menjawab!
instagram @garudaku.esi

Kemampuan makro dan mikro merupakan parameter keahlian bagi seorang pemain esports. Keduanya wajib dimiliki oleh calon-calon atlet masa depan yang ingin sukses di dalam ranah kompetitif.

Namun, tidak semua atlet mempunyai kemampuan yang sama terutama terkait mana yang lebih dominan, kemampuan mikro atau makro. Ada yang mempunyai kemampuan untuk membaca pergerakan musuh dengan baik ada juga yang tangguh saat duel 1 lawan 1. Lalu, mana yang lebih penting?

Taiwan Ecellence - Article Banner

Salah satu Super Coach dari Akademi Garudaku, Bang Fayad, menjawab terkait pertanyaan yang suka terlintas di pikiran pemain-pemain yang ingin menekuni jalur di esports: "Lebih penting yang mana, kemampuan makro atau mikro?"

Bang Fayad, dalam post Instagram di Garudaku memberikan penjelasan terhadap apa yang dimaksud dengan kemampuan makro dan mikro.

Menurut Bang Fayad, kemampuan Makro bisa diaktakan sebagai pengetahuan game secara detail, kapan menggunakan skill, bagaimana melakukan mapping, kapan harus melakukan. Intinya hal-hal terkait pengetahuan game.

"Makro itu lebih mengenai pengetahuan game tersebut secara detail mulai dari mapping, rotasi, penggunaan skill. Hal-hal mengenai pengetahuan tentang game." Jelas Fayad.

Sedangkan untuk Mikro lebih ke arah mekanikal individual yang harus dikuasai dan berguna untuk tim seperti skill menembak, movement atau pergerakan, dan skill aiming.

"Mikro itu mekanikan individual sebenarnya. Yang secara individu dikuasai yang berguna untuk tim seperti skill menembak, skill movement, dan skill aim." ucap Fayad.

Pertanyaan terakhir, mana yang lebih penting? Fayad menjawab kalau keduanya penting dan harus dikuasai secara seimbang. Kalaupun ada salah satu yang dominan maka satunya lagi harus dikuasai juga.

"Hal yang tidak bisa dipisahkan. Dua-duanya harus dikuasai. Kalau pun ada yang dominan pengetahuan. Kalau yang mendominasi makro maka skill mikronya tidak boleh kalah epic. Kalau yang mendominasi mikronya pengetahuan makronya juga tidak boleh jauh ketinggalannya." Jawab Fayad.

Mana yang menurut kalian terbaik? Apakah skill makro atau mikro?