Mahaka Gaming Luncurkan IFL 2023! Turnamen Free Fire untuk Wanita

Billy Rifki
22/10/2023 16:03 WIB
Mahaka Gaming Luncurkan IFL 2023! Turnamen Free Fire untuk Wanita
Press release

Mahaka Gaming Integra (MAGI) meluncurkan International Female Legends (IFL) 2023, sebuah turnamen esports khusus untuk wanita yang bertujuan untuk memberikan wadah yang aman dan nyaman bagi para gamers amatir dalam mengejar karier di dalam dunia esports. Acara ini didukung oleh Pengurus Besar Esport Indonesia (PBESI) dan diselenggarakan sebagai bentuk kontribusi aktif MAGI dalam mengkampanyekan kesetaraan gender di ekosistem esports tanah air.

Berkolaborasi dengan Garena, seri pertama kegiatan IFL 2023 ini akan memainkan gim Free Fire. Total Prize Pool di senilai Rp 500,000,000 akan dialokasikan pada turnamen ini melalui 5 tahapan yaitu:

1. Tahap Audisi ( 21 Oktober- 12 November 2023) diselenggarakan di 12 kota: Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, Surabaya, Bali, Makassar, Manado, Pontianak, Medan, dan Palembang).

2. Tahap Development Battle (16 - 20 November 2023) yang akan mempertandingkan 12 tim dari 12 kota.

3. Tahap Draft Pick (25 November 2023) di mana untuk kali pertama di dunia esports tanah air, pemain amatir terbaik dari 12 kota ini akan direkrut oleh tim esports professional yang berlaga di IFL Pro

4. Tahap IFL Pro Final (4-13 Desember 2023) tim profesional asal Indonesia akan diundang untuk bertanding secara online dan memperebutkan 9 posisi teratas.

5. Tahap IFL Grand Pro Final (16-17 Desember 2023) 9 tim profesional terbaik asal Indonesia dan 3 tim internasional akan berkompetisi untuk menjadi juara di Mahaka Square, Kelapa Gading.

Waizly Darwin selaku CEO dari Mahaka Gaming Integra (MAGI) mengatakan bahwa rangkaian kegiatan ini merupakan agenda tahunan dan komitmen jangka panjang dari perusahaannya dalam rangka membantu stakeholders esports di tanah air untuk mengembangkan ekosistem yang lebih inklusif dan berkualitas. “IFL merupakan upaya kami untuk menciptakan perubahan signifikan di dunia esports di tanah air. #RespectHerGame menjadi tema utama IFL kali ini dengan harapan untuk memberikan apresiasi yang layak dan menginspirasi wanita untuk berpartisipasi aktif dalam dunia esports,” Jelas Waizly.

Garena mengutarakan alasan mereka dalam mendukung penuh kegiatan ini. "Garena mendukung IFL 2023 Free Fire sebagai wadah bagi atlet esports wanita untuk saling terhubung dan terus berkembang. Lebih dari kompetisi, turnamen ini memberi kesempatan bagi para pemain untuk berpartisipasi aktif dalam pengembangan ekosistem esports di tanah air,” tutur Hans Saleh, Country Head Garena Indonesia.

Kepiawaian atlet esports perempuan semakin meningkat dan buktinya timnas esports putri berhasil meraih medali emas pada SEA Games 2023 di Kamboja bulan Mei 2023 lalu. Sebagai komponen pendukung untuk pengembangan atlet esports Perempuan dari jenjang tingkatan amatir ke profesional, IFL juga merupakan kegiatan resmi yang didukung oleh PBESI.

Disebutkan oleh Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia, Komisaris Jenderal Polisi Drs. Bambang Sunarwibowo, S.H., M.Hum., “Salah satu misi utama PBESI adalah menjadikan esports sebagai cabang olahraga prestasi yang inklusif dan menjunjung tinggi kesetaraan. Melalui esports, semua kalangan termasuk perempuan, memiliki kesempatan yang setara untuk mengaktualisasi diri, meningkatkan kompetensi, meraih prestasi setinggi-tingginya, dan berkontribusi untuk bangsa dan negara Indonesia. International Female Legends (IFL) 2023 kami harapkan menjadi salah satu pilar yang akan makin memperkokoh peran dan kontribusi perempuan dalam menyokong perkembangan dan kemajuan esports Indonesia, serta turut mewujudkan visi menjadikan Indonesia sebagai kekuatan utama esports di kancah internasional,”

Rangkaian acara IFL 2023 Free Fire Series ini didukung oleh mitra strategis internasional termasuk SEA Group dan GroupM, dan akan dilakukan sebagai kegiatan tahunan yang akan dilakukan secara hibrida melalui offline dan online lewat YouTube Free Fire Esports, Garena Esports, dan IFL Esports.