Hari Pertama Free Fire Master League (FFML) Season 7 Dimulai!

Billy Rifki
03/03/2023 19:18 WIB
Hari Pertama Free Fire Master League (FFML) Season 7 Dimulai!
press release

Garena, perusahaan developer dan publisher game terkemuka, resmi memulai turnamen Free Fire Master League (FFML) Season 7 Sponsored by Sukro dan KFC pada Jumat (3/3/2023). Sebanyak 18 tim esports Free Fire terbaik akan bertarung dalam kompetisi esports tertinggi di Indonesia ini dengan skema dan tantangan baru. Tim terbaik akan mendapatkan hadiah utama dari total prize pool sebesar Rp1,2 Miliar dan hak untuk berkompetisi di turnamen Free Fire SEA Invitational (FFSI).

Mengusung kompetisi yang lebih inklusif, FFML Season 7 dimulai melalui babak Qualifier yang melibatkan Region Qualifier dan In-game Qualifier. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Garena untuk selalu menghadirkan turnamen esports yang berkelanjutan dan terbuka. Perubahan skema yang dilakukan pada tahun ini diharapkan dapat mendorong tingkat kompetitif dan meningkatkan kualitas talenta esports Free Fire di tanah air.

League Phase

Kompetisi FFML akan dimulai dengan League Phase dengan pertandingan pada 3 Maret 2023. Pada fase ini, 18 tim akan dibagi ke dalam tiga grup yang berisi 6 tim. Sebanyak dua grup akan saling berhadapan di setiap Matchday menggunakan skema Best of Six (BO6). Setiap pekannya, akan ada 3 Matchday sepanjang Jumat, Sabtu, dan Minggu. Setiap Matchday sepanjang League Phase akan dilangsungkan di Studio Sepat 72.

Bertanding selama 5 pekan hingga 2 April 2023, 18 tim akan saling beradu untuk menjadi yang terbaik dan mengamankan posisi 12 besar agar bisa melaju ke babak Grand Finals. Selain itu, semua tim juga akan memperebutkan total prize pool sebesar Rp960 juta untuk di babak ini. Pemuncak klasemen pada akhir League Phase akan mendapatkan hadiah bagian terbesar, yaitu senilai Rp400 juta.

Adapun, 18 tim yang akan bertanding di FFML Season 7 adalah sebagai berikut:

  • Lolos dari FFML Season VI Divisi 1 (11 Tim): SES Alfaink, EVOS Divine, ECHO Esports, ONIC Olympus, RRQ, First Raiders Eclipse, G-Arsy Aphrodite, Bulls Esports, MBR Epsilon, Morph Team, MPO Espors, 

  • Lolos dari FFML Season VI Divisi 2 (3 Tim): Bigetron Delta, First Raiders Storm, Tiger Wong Esports

  • Lolos dari Babak Qualifier: Kagendra, Dewa United Esports, Genesis Dogma SF, Opi Griffin

Grand Finals

Sebanyak 12 tim terbaik dari babak League Phase akan melaju ke babak Grand Finals pada pertengahan April 2023. Di pertandingan puncak ini, semua tim akan bertanding pada 1 Matchday, dengan skema pertandingan Best of Six (Bo6). Tim yang mampu memuncaki klasemen di babak ini akan dinobatkan sebagai Juara FFML Season 7.

Sang juara akan mendapatkan bagian terbesar dari total prize pool senilai Rp240 juta di babak Grand Finals. Selain itu, tim juara bersama tim lain di 4 besar juga akan berpartisipasi di Free Fire SEA Invitational 2023 pada Mei 2023. Di kompetisi tersebut, mereka akan bertarung melawan tim dari wilayah MCPS, Vietnam, Thailand, Eropa, MEA, Taiwan, dan Pakistan di turnamen Free Fire SEA Invitational (FFSI) pada Mei 2023. 

Free Fire Master League (FFML) Season 7 mendapatkan dukungan penuh dari Sukro dan KFC sebagai brand yang memiliki komitmen terhadap pengembangan talenta anak muda, termasuk dalam bidang esports. Kedua brand juga berkolaborasi dengan Free Fire untuk meluncurkan produk co-branding eksklusif. Sukro merilis serangkaian produk dengan desain co-branding yang memuat logo dan karakter populer di Free Fire. Sementara itu, KFC akan segera merilis kejutan kolaborasi dengan Free Fire.

Rangkaian kompetisi FFML Season 7 akan ditayangkan melalui kanal YouTube, Facebook, dan TikTok Free Fire Esports ID di setiap akhir pekan sepanjang 3 Maret 2023 hingga 2 April 2023. Setiap pertandingan akan dimulai pada pukul 16.00 WIB.