Yamaha Desember

[REVIEW] realme Narzo 50 5G, Smartphone Gaming Terbaik di Kelasnya!

Michael
04/06/2022 10:16 WIB
[REVIEW] realme Narzo 50 5G, Smartphone Gaming Terbaik di Kelasnya!
realme narzo 50 5G

Pasar smartphone gaming nampaknya memang memiliki daya tarik tersendiri untuk produsen smartphone, tidak terkecuali realme. Usai meluncurkan serangkaian produk gamingnya seperti, GT Master Edition, kolaborasi 9 Pro+ Free Fire Limited Edition, hingga yang terbaru, narzo 50 5G.

Hadir dengan slogan “Mighty 5G. Game On.”, realme narzo 50 5G digadang sebagai “most powerfull 5G smartphone for gaming in mid-range”. Penasaran seperti apa performa realme narzo 50 5G? Kali ini Tim Esports ID akan mengulik lebih dalam seberapa tangguh smartphone keluaran terbaru dari realme ini.

Article Banner IESF

Desain dan Spesifikasi

Meski masuk kategori kelas menengah, realme narzo 50 5G hadir dengan desain yang menawan dan elegan. Bodi bagian belakang memiliki tampilan mengkilap yang jika diperhatikan lebih detail ada motif garis-garis diagonal. Dua kamera belakang yang terlihat cukup besar dan sepasang flash di sampingnya juga tidak menghilangkan kesan elegan smartphone ini, realme mampu mengemasnya menjadi menarik dan mewah.

Seperti layaknya seri-seri terdahulu, realme masih menerapkan pola tombol volume di sisi kiri dan power di bagian kanan untuk narzo 50 5G. Di bagian bawah audio jack dan port USB type-c terletak di tengah dan juga menjadi pusat pengisian daya.

Dibalut dengan bodi yang super tipis dan ringan, di mana ketebalannya hanya 8,1mm saja, smartphone ini juga membawa baterai besar 5.000mAh yang didukung dengan 33W DartCharge. realme narzo 50 5G juga sudah dilengkapi dengan NFC.

realme narzo 50 5G dipersenjatai MediaTek Dimensity 810 5G yang menjadikannya smartphone yang powerful di segmennya. Prosesor ini mengadopsi proses produksi 6nm yang canggih dan memadukan dua inti Arm Cortex-A76 'Big' yang sangat mumpuni dalam CPU octa-core yang beroperasi hingga kecepatan 2.4GHz. realme narzo 50 5G hadir dengan prosesor 5G tercepat di segmennya.

Spesifikasi narzo 50 5G - sumber: youtube realme Indonesia

Dari segi layar, realme narzo 50 5G mengusung 90Hz Ultra Smooth Display dengan sampling rate mencapai 180Hz dalam layar seluas 6,5 inci. Mampu menghasilkan 90 frame per detik, 90Hz Ultra Smooth Display memiliki kecepatan refresh 50% lebih tinggi dibandingkan dengan tampilan 60Hz konvensional, sehingga menghasilkan pengalaman visual yang mulus di setiap sentuhan layar.

Agar pengalaman audio lebih imersif realme narzo 50 5G membawa setup Dual Stereo Speaker. Sedangkan di sektor kamera, smartphone ini menawarkan 48MP Nightscape Camera untuk hasil foto tajam dan detail meski di malam hari.

Menguji Performa realme narzo 50 5G, Benarkah yang terbaik di kelas menengah?

Jujur saja kesan pertama melihat desain narzo 50 5G lebih cocok untuk kaum milenial yang suka nongkrong atau hangout di kafe. Namun, kesan itu perlahan terkikis ketika melihat fitur-fitur dan spesifikasi yang dimiliki smartphone ini.

Sebelum mencoba ketangguhan nge-gamenya, seperti biasa penulis mengujinya dengan dengan menggunakan AnTuTu Benchmark, 3D Mark Wild Life dan GeekBench. Hasilnya cukup memuaskan penulis. Meski masuk kategori mid-range, narzo 50 5G mendapatkan score yang tinggi dibandingkan pesaingnya di kelas ini.

Berlanjut ke pengujian bermain game, seperti biasa penulis mencobanya dalam game-game esports yang popular di tanah air. Kali ini PUBG Mobile, Mobile Legends dan Apex Legends Mobile menjadi pilihan game yang diuji.

Hasilnya sangat memuaskan, seperti klaimnya, narzo 50 5G mampu menjalankan ketiga game tersebut tanpa hambatan sama sekali. Mencoba pengaturan grafis tertinggi di semua game, narzo 50 5G mampu mempertahankan kestabilan fps rate di kisaran angka 55 - 60.

PUBG Mobile kalian bisa melakukan pengaturan maksimal hingga HD Ultra untuk mendapatkan pengalaman maksimal. Sedangkan APEX Legends Mobile, kalian bisa mencobanya dalam pengaturan Ultra HD - High. Begitupun di Mobile Legends setting-an tertinggi Super-High bisa dijalankan dengan lancar di narzo 50 5G.

Untuk baterai sendiri terbilang cukup awet dan bertahan lama. Penulis pun sama sekali tidak khawatir dengan masalah baterai dan pengisian daya untuk smartphone gaming realme. Teknologi pengisian daya DartCharge sudah tidak perlu diragukan lagi. Hanya dalam waktu berkisar 75 menit, dalam keadaan kosong 0%), baterai sudah terisi penuh kembali.

Satu lagi yang tidak kalah penting adalah kamera. Meski kelas menengah hasil kamera narzo 50 5G sangat memuaskan dan bisa diandalkan. Mode Nightscape sangat membantu, terutama kala pencahayaan sangat minim. Pengaturannya juga sangat mudah dan tidak ribet, cocok untuk gamer dan mereka yang baru bergelut di bidang fotografi.  

Tidak ketinggalan realme juga sudah menyematkan fitur NFC dalam realme narzo 50 5G. Fitur yang cukup penting untuk kaum milenial sekarang yang penuh mobilitas dan membutuhkan e-money saat melakukan pembayaran di segala aktivitas. 

Kesimpulan

realme narzo 50 5G bisa dibilang melebihi ekspektasi penulis. Meski dari segi harga masuk dalam kelas mid-range, realme narzo 50 5G mampu menghadirkan kualitas yang mumpuni, khususnya untuk bermain game. Tak hanya tanpa hambatan dan penurunan fps, dengan layar sedikit lebih besar (6,6 Inch) dibandingkan seri 9 Pro+ (6,4 Inch), realme narzo 50 5G mampu menghadirkan pengalaman lebih seru kala bermain game.

Spesifikasi dan fitur yang ditawarkan pun sebanding bahkan bisa dibilang melebihi jika dibandingkan dengan harga yang dibanderol realme untuk seri terbarunya ini. Tak hanya mumpuni untuk bermain game, realme narzo 50 5G juga mengakomodir segala kebutuhan generasi milenial seperti desain yang elegan, kamera mumpuni, baterai awet dan pengisian daya yang super cepat, dan NFC. 

realme narzo 50 5G dibandrol dengan harga normal Rp. 3.299.000, dan bisa kalian dapatkan di partner-partner resmi realme, seperti Shopee, Tokopedia, dan tentunya website resmi realme.