ASUS Perkenalkan Motherboard ROG dan TUF Gaming Z790 di Gelaran Gamescom 2023

Mallasak
25/08/2023 13:37 WIB
ASUS Perkenalkan Motherboard ROG dan TUF Gaming Z790 di Gelaran Gamescom 2023
Credit: ASUS

ASUS umumkan tiga motherboard Intel® Z790 terbaru di gelaran Gamescom 2023. Ketiga motherboard tersebut adalah ROG Maximus Z790 Dark Hero, ROG Strix Z790-A Gaming WiFi II, dan TUF Gaming Z790-Pro WiFi yang mendukung prosesor Intel Core™ Generasi ke -12, Generasi ke -13, dan Next-Gen. Setiap motherboard dibekali dengan PCle ® 5.0, dukungan memori DDR5, peningkatan konektivitas, kemampuan penyesuaian kinerja, solusi pendinginan yang efisien, fitur DIY friendly, dan berbagai fitur lainnya.

Peningkatan Soket CPU Intel LGA 1700

Soket LGA 1700 cocok dengan prosesor Intel Core generasi ke -12 dan ke - 13, sehingga pengguna dapat merakit PC menggunakan motherboard Z690 atau Z790 sekaligus memilih dari berbagai opsi CPU sesuai dengan keinginan. Meskipun demikian, era LGA 1700 belum berakhir. Ke depan, soket ini juga akan kompatibel dengan CPU Intel Next-Gen.

Artinya, pengguna akan memiliki banyak opsi saat berencana untuk merakit PC terbaru atau meningkatkan rakitan PC yang sudah ada. Pengguna dapat mengganti motherboard mereka dengan spesifikasi yang lebih tinggi untuk mendapatkan konektivitas yang melimpah, dan optimasi solusi daya dari motherboard ASUS Z790 terbaru. Selain itu, ketika ingin meningkatkan CPU ke Intel Next-Gen , pengguna tetap dapat menggunakan motherboard Z690 atau Z790 lama yang telah teruji. Mereka hanya perlu memperbari BIOS motherboard tersebut untuk menikmati kompatibilitas penuh terhadap CPU Intel yang akan datang.

Credit: Asus

Awal tahun 2023, ASUS mengumumkan perilisan router WiFi 7 pertamanya. Ultrafast WiFi 7 (802.11be) ini menghapus semua batasan untuk memberikan kecepatan jaringan yang luar biasa ketika gaming ataupun hiburan lainnya. Ketika WiFi 6 berfokus pada teknologi untuk mengurai kepadatan di jaringan yang penuh, WiFi 7 meningkatkannya dengan fitur canggih terbaru yang menghadirkan kecepatan nirkabel yang lebih tinggi dari sebelumnya dengan tetap mempertahankan atau menyempurnakan keunggulan yang dimiliki WiFi 6 dan WiFi 6E.

Adapun berbagai teknologi yang digunakan untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi tersebut, antara lain saluran 320 MHz ultra lebar yang membuat router WiFi 7 memberikan kinerja lebih tinggi dan kapasitas yang lebih besar, serta 4096 Quadrature Amplitude Modulation (QAM) yang memungkinkan jumlah data di setiap sinyal menjadi lebih efektif. Selain itu, multi-link operation (MLO) membuat perangkat WiFi 7 dapat mentransmisikan dan/atau menerima data secara bersamaan di berbagai band dan saluran dengan data dan control panel yang terpisah. Tautan paralel menghadirkan kecepatan yang lebih tinggi dengan cara menggabungkan bandwidth dengan koneksi WiFi yang lebih andal di beberapa band yang digunakan secara bersamaan.

WiFi 7 juga membuat penggunaan spektrum yang tersedia menjadi lebih efisien. Dengan Multi-RU dan Puncturing, perangkat WiFi 7 akan dapat memanfaatkan keseluruhan sisa saluran yang tidak digunakan atau terganggu. Dengan cara ini, bandwidth WiFi dapat digunakan secara efisien untuk membuat transmisi data lebih cepat dan dapat diandalkan.

Untuk memanfaatkan standar nirkabel terbaru sepenuhnya, pengguna membutuhkan router WiFi 7 dan perangkat yang kompatibel dengan WiFi 7. Motherboard ROG Maximus dan ROG Strix Z790 terbaru akan menjadi salah satu produk ASUS pertama yang dilengkapi dengan WiFi 7. Pengguna juga dapat menggunakan ROG Maximus Z790 Dark Hero untuk menikmati pengalaman jaringan nirkabel terbaik.
Dengan kecepatan tautan hingga 5,8 Gbps, motherboard ini sangat cocok digunakan oleh pengguna yang memiliki koneksi internet multigigigabit atau pengguna yang menginginkan koneksi nirkabel berkecepatan tinggi ke unit network-attached storage (NAS).

Penyimpanan cepat sesuai kendali pengguna

Beberapa bulan setelah perilisan motherboard ASUS Z790 pertama, SSD M.2 PCle 5.0 pertama hadir di pasaran. Penyimpanan tersebut menawarkan peak transfer speeds yang belum pernah ada sebelumnya. Drive ini sangat cocok untuk para enthusiast yang membutukan akses berkecepatan tinggi untuk file dan dataset besar serta pengguna yang memerlukan waktu booting dan load aplikasi tercepat.

Untuk mempermudah pengguna dalam memanfaatkan drive canggih ini, ASUS juga menawarkan lebih banyak slot M.2 PCle 5.0 onboard pada board Z790 dibanding model sebelumnya. ROG Maximus Z790 Dark Hero siap digunakan oleh pengguna yang membutukan salah satu slot M.2 berkinerja tinggi ini. Bagi pengguna yang akan merakit PC di tahun 2023, jumlah slot M.2 yang tersedia seringkali sama pentingnya dengan bandwidth yang tersedia dari setiap slot. Pengguna mungkin saja membutuhkan banyak slot M.2 untuk menciptakan library penyimpanan yang besar atau meningkatkan koleksi drive M.2 dari rakitan sebelumnya. Apapun kebutuhannya, ASUS memperkuat lini produk Z790 dengan menawarkan lebih banyak pilihan, misanya ROG Strix Z790-A Gaming WiFi Il yang dilengkapi lima slot M.2 dengan heatsink premium dandesain yang harmonis.

Kecerdasan terbaru, inti tetap sama: TUF Gaming Z790 - Pro WiFi

Para perakit PC di mana pun mempercayai TUF Gaming untuk mendapatkan fitur-fitur gaming yang esensial, tampilan yang menawan, dan performa yang dapat diandalkan. TUF Gaming Z790-Pro WiFi menorehkan prestasi terbaru bagi jajaran produk ini dengan menghadirkan fitur-fitur yang sebelumnya hanya tersedia pada motherboard ASUS yang paling canggih.

TUF Gaming Z790-Pro WiFi menawarkan akses ke Al Overclocking yang merupakan kali pertama pada lini motherboard Intel TUF Gaming ASUS. Perakit pemula akan menyukai fitur ini karena mereka dapat meningkatkan performa PC mereka dengan mudah. Enthusiasts PC berpengalaman dapat memanfaatkan Al Overclocking untuk membuat dasar untuk melakukan penyesuaian. Semua orang dapat menikmati bagaimana fitur ini dapat berfungsi sebagai alat uji coba yang aman, sehingga pengguna dapat menurunkan kinerja sesai kebutuhan jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan, misalnya kegagalan kipas.

Banyak pengguna PC yang senang menggunakan port front panel untuk mengisi ulang daya smartphone mereka saat menggunakan PC. TUF Gaming Z790-Pro WiFi memungkinkan pengguna untuk menghubungkan port berkecepatan tinggi pada front panel case dengan konektor USB Type-C 20 Gbps yang dilengkapi dengan USB Power Delivery 3.0. Terakhir, ASUS juga menawarkan ASUS WiFi Q-Antenna terbaru pada TUF Gaming Z790-Pro WiFi. Jika dipasangkan dengan router WiFi 6E, konektvitas WiFi 6E pada motherboard ini membuat pengguna dapat memanfaatkan band 6 GHz terbaru untuk mengatasi interferensi yang bisa saja memperlambat jaringan nirkabel di rumah mereka. ASUS WiFi Q-Antenna memberikan alat yang dibutukan pengguna untuk mendapatkan sinyal terbaik.