IES Ligagame

Isu Bug di Marvel vs Capcom: Infinite Mulai Bikin Resah

Christian Ponto
09/10/2017 11:13 WIB
Isu Bug di Marvel vs Capcom: Infinite Mulai Bikin Resah

Baru saja dirilis bulan September kemarin, Marvel vs Capcom: Infinite langsung dirundung masalah pelik terkait adanya bug infinite hit. Berawal dari keresahan salah satu player asal Jepang bernama Muto, yang mengupload video mengenai keberadaan isu bug tersebut pada sejumlah karakter dalam game. Setelah viral, lebih banyak lagi player lainnya yang memuat video serupa.

Melalui postingan video pada tanggal 30 September 2017, terlihat combo yang membuat lawan terperangkap dalam jaring SpiderMan dan cosmic energy tiada akhir. Mekanismenya, bila tertangkap dengan jaring SpiderMan, maka ini akan memicu Infinite Prevention System yang secara otomatis aktif begitu sejumlah pukulan dilakukan dalam satu periode waktu. Sistem yang sebenarnya juga sudah diterapkan pada Marvel vs Capcom 3, bernama hitstun deterioration, sebagai penangkal dari bug infinite hit.

Hitstun deterioration mengacu pada waktu lamanya musuh kamu tidak bisa melakukan apapun setelah terkena skill serangan. Peter ‘Combofiend’ Rosas, selaku Produser Marvel vs Capcom, menjelaskan bahwa hitstun deterioration tidak hanya ditujukan untuk mencegah infinite hit, namun juga akan menjadi strategi. Pemain perlu melakukan kalkulasi serangan yang tepat serta urutannya agar memberikan damage optimal sebelum lawan dapat membalasnya.

Selain itu, Marvel vs Capcom: Infinite juga dibekali tambahan fitur lain untuk mencegah infinite attack, dimana combo akan berakhir secara otomatis setelah 20 grounded attack dilakukan secara berturut-turut. Mekanisme serupa juga bisa kamu temukan di Street Fighter V, sehingga lawan akan keluar secara otomatis dari serangan ketika combo attack mencapai 99.

Logis bilamana setiap player akan berusaha mencari celah dalam game yang dapat menguntungkan mereka dalam permainan, bahkan turnamen sekalipun. Dan tugas pihak developer untuk mencegah hal tersebut terjadi sehingga semua pemain dapat bermain secara professional. Terkait masalah infinite loop attack dari Spiderman, akun resmi Capcom Fighters telah memberikan pernyataan bahwa mereka mengakui adanya bug tersebut dan sedang melakukan penyelidikan lebih lanjut.