#PUSHRANKTANPAHENTI H3RO

Kenalan dengan Qiann, Model di Dunia Nyata & Carry di MLBB!

Eric Soejatno
21/03/2020 17:54 WIB
Kenalan dengan Qiann, Model di Dunia Nyata & Carry di MLBB!
Qiann Menjadi Satu-Satunya Pemain Wanita di MPL MY SG Season 5

Tidak banyak pemain esports terutama di kalangan wanita yang bisa menembus kompetisi profesional esports dan bersaing dengan pemain-pemain pria. Namun Tan Qian Lin atau yang lebih dikenal Qiann mencetak sejarah tersebut sebagai pemain wanita pertama di MPL Malaysia Singapura. Ia sukses membawa Notorious Villains lolos ke regular season MPL MY SG Season 5 melalui kualifikasi terbuka.

Esports.ID berkesempatan untuk melakukan wawancara eksklusif bersama Qiann lewat Messenger. Ia menceritakan mengenai awal mula ia mengenal Mobile Legends, masuknya ia ke NV, dan harapan akan pemain esports ladies.

Bisa diceritakan awal mula memainkan MLBB? Kapan kamu mulai tertarik dunia game dan mengapa kamu tertarik untuk berkarir di profesional gaming?

Saya mulai bermain MLBB sejak akhir season 1, ini merupakan game MOBA pertama yang saya mainkan dan saya bermain secara casual namun mulai tertarik lebih lanjut ketika bermain bersama tier lebih tinggi. Tidak pernah berpikir untuk bermain kompetitif haha, ini benar-benar sebuah kebetulan.

Qiann (kiri) saat MSC 2018 Sumber: Qiann Fanpage

Sebelum bergabung di NV, kamu sebelumnya pernah menjadi pemain di Belletron Esports (tim ladies dari Bigetron Esports). Ketika kamu di Bigetron, kesan-kesan apa yang kamu dapatkan?

Saya mendapatkan peluang di Bigetron dan membantu saya lebih jauh mengenai MLBB di Indonesia. Saya juga merasakan menjadi pemain profesional dan dapat meningkatkan skill saya dengan bermain bermain bersama mereka dan streaming di Game.ly dan YouTube Bigetron”

Siapa yang memberikan tawaran menjadi pemain NV dan Apa alasannya kamu menerima tawaran?

Saya mendapat tawaran dari Swan (salah satu pemain NV). Saya hanya membantu bermain dan saya merasa bahwa tim kami memiliki peluang yang bagus itu sebabnya saya menerima tawaran tersebut.

Saat interview bersama WTM Today, kamu saat ini juga menjadi model. Bagaimana kamu bisa membagi waktu antara pekerjaan sebagai model dan professional gaming?

Sangat sulit untuk membagi waktu, saya tidur lebih sedikit dan meskipun kami latihan lebih sedikit dibandingkan tim lain, mereka masih mengakomodasi jadwal semua pemain.

Ketika bertanding, kamu lebih memilih core hero seperti marksman apa ada alasan khusus atau kamu lebih senang memainkan posisi carry?

Setelah memainkan MLBB, saya memainkan berbagai role namun saya mendapatkan role core marksman sesuai apa yang dibutuhkan di tim.

Sumber: Fanpage Notorious Villains

Bagaimana pendapatmu akan penampilan NV di MPL MY SG sejauh ini dan apa target di MPL?

Kami masih memiliki banyak hal yang harus ditingkatkan namun kami pasti akan lebih baik.

Apakah ada pesan dan motivasi untuk pemain esports wanita? Bagaimana cara mematahkan stereotip bahwa pemain pria selalu lebih baik dari wanita?

Latihan terus menerus akan membantu kalian untuk menjadi lebih kuat. Dengarkan dan terima saran yang membangun, menjadi lebih baik untuk membuktikan semua orang. Punya kepercayaan diri dan jangan berhenti, karena rintangan ini jadi kunci untuk mematahkan stereotip. Saya menantikan lebih banyak pemain profesional wanita di ranah esports

Itulah wawancara Esports.ID bersama Qiann. Sayangnya, kita tidak bisa melihat aksi Qiann bersama NV dalam waktu dekat akibat MPL MY SG Season 5 yang sementara ditunda sampai waktu yang belum ditentukan. Hal ini disebabkan lockdown yang terjadi di Malaysia untuk pencegahan wabah Corona. Meski begitu, tentu kita berharap ada lebih banyak pemain wanita Indonesia yang muncul di ranah kompetitif dan ikut bersaing.