ILUNI UI Esports Championship Siap Digelar, Bagikan Hadiah 150 Juta!

Basitullah
27/10/2020 17:38 WIB
ILUNI UI Esports Championship Siap Digelar, Bagikan Hadiah 150 Juta!
ILUNI UI

Ikatan Alumni Universitas Indonesia (ILUNI UI) melalui Millennial and Business Center mengajak 10 ribu gamers di seluruh Indonesia untuk bertanding dalam kompetisi Mobile Legend: Bang Bang (MLBB) pertama yang diselenggarakan oleh Alumni UI. Ajang yang bertajuk ILUNI UI Esports Championship ini memperebutkan total hadiah sebesar 150 juta rupiah.

ILUNI UI Esports Championship hadir sebagai bentuk dukungan ILUNI UI terhadap industri digital kreatif esports di Indonesia. "Industri esports terus berkembang setiap tahunnya, untuk itu Millennial and Business Center ILUNI UI menggagas kompetisi esport pertama dari Alumni UI untuk dapat mendukung perkembangan ekosistem digital kreatif. Kompetisi ini diharapkan dapat turut mengembangkan potensi para alumni muda khususnya melalui berbagai acara yang memberikan wadah dan wawasan akan tren industri saat ini," papar Ketua Millennial and Business Center ILUNI UI, Muhammad Pradana Indraputra, dalam sesi gelar wicara virtual.

Sementara itu, Ketua Pelaksana ILUNI UI Esports Championship, Rob Clinton, menyebut kehadiran delapan tim besar yang ikut bertanding dalam ajang ini akan menjadi daya tarik dan pengalaman menarik bagi tim lainnya maupun penggemar Mobile Legends. "Saat ini sudah ada empat tim besar dari Woman Star League yang akan bergabung yaitu SIREN MOON, BELLETRON BATLLE ANGELS, EVOS ESPORTS, dan AE APHRODITE. Sementara itu masih ada empat tim besar lain yang akan bergabung, salah satunya adalah MDL. Moonton selaku developer dari Mobile Legend Bang Bang pun telah memberikan dukungan penuh untuk ajang ini," paparnya.

Asosiasi Video Games Indonesia (AVGI) turut mendukung pelaksanaan ILUNI UI Esports Championship. Sekretaris Jenderal AVGI, Angki Trijaka, mengapresiasi inisiasi ILUNI UI dalam menghadirkan ajang kompetisi esports yang bergengsi. "AVGI mendukung penuh pelaksanaan ILUNI UI Esports Championship yang dapat turut mengembangkan industri esports di Indonesia. Dukungan ini kami iwujudkan melalui kolaborasi AVGI dengan ILUNI UI dalam menghadirkan ajang pertandingan esport bergengsi menggunakan sistem National Open Qualifier yang mengundang hingga 10,000 pemain dari 2,000 tim di seluruh Indonesia," tuturnya.

Angki lalu menambahkan bahwa industri esports memberikan peluang yang menjanjikan bagi Indonesia, salah satunya seperti Mobile Legends yang akan dikompetisikan dalam ajang ini, telah memiliki penggemarnya sendiri di Indonesia. Bahkan, tim Mobile Legends dari Indonesia telah mengukir prestasi dan cukup dikenal di kancah internasional. Ia berharap industri esports dapat semakin berkembang dengan dukungan dari berbagai pihak dan makin banyak pihak yang mengikuti jejak ILUNI UI mengadakan ajang kompetisi esports di Indonesia.

ILUNI UI Esports Championship ini sendiri akan hadir dengan empat kali babak kualifikasi yang akan dimulai pada tanggal 28 November hingga 13 Desember 2020. Setiap babak (wave) dibagi menjadi empat grup dengan tiap grup terdiri dari 1.024 tim. Para pecinta esports dapat menyaksikan live streaming setiap babak final kualifikasi serta puncak playoff final yang akan berlangsung pada 18-20 Desember 2020 melalui kanal Youtube ILUNI UI.

Hadir pula para caster Mobile Legends ternama Indonesia seperti Lius Andre, Clara Monstar, Riyan Batitstuta "KB", Momo Chan, Fauzianska Ramadhan "Ranger Emas", dan Ferry Ferdiansyah "Pak Pulung" yang akan meramaikan jalannya pertandingan.