DOTA 2 Rilis Update Patch 7.30, Neutral Items Ini Akhirnya Dihapus!

Billy Rifki
18/08/2021 10:42 WIB
DOTA 2 Rilis Update Patch 7.30, Neutral Items Ini Akhirnya Dihapus!
DOTA 2

Sebulan jelang The International 10, DOTA 2 akhirnya merilis patch baru 7.30. Beberapa perubahan penting yang ada di update kali ini selain adjustment hero, ada juga penghapusan beberapa neutral items yang dianggap overpower.

Namun, sebagai gantinya, Valve merilis neutral items baru yang harus dipelajari kembali oleh player public maupun profesional untuk bisa memanfaatkan secara maksimal. Kita akan rangkum beberapa update DOTA 2 7.30 menjadi beberapa bagian.

Yamisok Nobar

GENERAL UPDATES

- Captain's Mode second pick phase is changed from Dire/Radiant/Dire/Radiant to Dire/Radiant/Radiant/Dire (assuming Radiant is first pick)

- Multiple Critical Strike procs are now rolled from strongest to weakest and will stop rolling once a proc occurs (this results in the same DPS but is less lilkely to have multiple crits in a row or multiple attacks without a crit.)

- Cooldown Percentage Reduction no longer stacks (Sources of flat cooldown reduction still stack

- Increased HP Regen of all heroes with 0 HP Regen to 0.25

- Water Rune healing reduced from 80HP to 40HP

- Second Roshan no longer drops cheese

- Neutral Creeps now drop 5 neutral items per tier

Rumus draft pick akan dikalibrasi kembali dari yang sebelumnya bergantian dari Dire ke Radiant jadi Dire/Radiant/Radiant/Dire. Ini bakal menentukan secara strategis pemilihan hero overpower di fase pertama atau pemilihan dua hero penting bagi tim second pick.

Heal dari water rune berkurang setengahnya sehingga berdampak pada sustainibility hero midlane. Roshan keduda juga tak "menelurkan" cheese meskipun benefit Aegis tetap penting untuk agresi. Neutral creeps juga tak akan "menyampah" arena pertempuran dengan banyak item-item drop. Maksimal hanya akan ada 5 item neutral untuk tiap tier.

UPDATE ITEM

Untuk update item, kita akan bahas untuk item yang punya dampak paling signifikan secara perubahan.

AEON DISK

Item penyelamat bangsa dari burst damage ini terkena nerf cukup tinggi. Efek immune bakal aktif lebih lama setiap kali Aeon Disk terpicu untuk aktif. Durasi Aeon Disk mulai dari 105 detik sampai maksimal 165 detik.

HELM OF THE OVERLORD

Item yang cukup mahal untuk support atau offlane yang suka menghasut neutral creep. Item seharga 6050 gold ini punya atribut dan buff aura yang cukup bagus untuk teamfight. Sayangnya, harga yang terlalu mahal mungkin tidak sepadan bila pemain membeli item ini terlalu lama. 

Tentu saja, ada lebih banyak item krusial untuk early dan mid game, sehingga kita bisa melihat apakah para pro player tertarik memprioritaskan item ini untuk snowball momentum atau memperkuat late game.

SILVER EDGE

Senjata penghilang ini punya damage yang lebih signifikan dibanding sebelumnya. Karena resep yang berubah menggunakan Crystalis sehingga Silver Edge punya efek critical hit. Harganya pun jadi lebih murah dari 5650 gold jadi 5300 gold.

REMOVED NEUTRAL ITEMS

Neutral item berikut ini dihapus dari game:

- Faded Broach

- Ironwood Tree

- Imp Claw

- Illusionist's Cape

- Minotaur Horn

- Orb of Destruction

- Ballista

Beberapa item diatas disingkirkan untuk jangka waktu yang tidak ditentukan. Beberapa figur DOTA 2 telah menyuarakan item tier 5 tidak berdampak baik untuk gameplay DOTA 2. Misalnya Ballista yang dianggap terlalu overpower. Item ini bisa membalikan keadaan bagi tim pemiliknya karena efek knockback yang dimilikinya.

Meski begitu, Valve menambahkan beberapa item neutral baru seperti:

- Pig Pole

- Tumbler's Toy

- Brigand's Blade

- Fae Granade

- Blast Rig

- Ascetic's Cap

- Witchbane

- Arcanist's Armor

Selain itu ada beberapa adjustment untuk neutral item dan hero yang bisa kalian baca di sini.

Bagaimana menurut sobat esports? Apakah update kali ini akan berpengaruh besar pada meta?