Kemenpora Malaysia Beri Dukungan Penuh Gelaran MSC 2022

Billy Rifki
03/06/2022 16:31 WIB
Kemenpora Malaysia Beri Dukungan Penuh Gelaran MSC 2022
press release

MOONTON Games secara resmi mengumumkan kolaborasi mereka dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia lewat press conference di ESI HUB untuk ajang Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2022. MSC 2022 bakal jadi gelaran pertama di Malaysia setelah sebelumnya menjadi tuan rumah untuk M World Series MLBB pertama, M1. Event ini sejalan dengan visi dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia tahun 2020-2025 yakni mendukung penyelenggaraan turnamen regional guna membantu mempercepat pertumbuhan ekosistem esports yang menunjang dan inklusif.

Tema kali ini, #SupremaSEA, merayakan kejayaan esports Asia Tenggara dengan mengundang para atlet top SEA menjadi yang terbaik di ranah Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Turut hadir dalam sesi preskon adalah Menteri YB Dato' Seri Ahmad Faizal bin Dato’ Azumu and deputi menteri  YB Senator Dato' Sri Ti Lian Ker dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia, Ahmed Faris Amir, CEO Esports Integrated dan Fikri Rizal Mahruddin, Marketing Lead, MPL Malaysia, MOONTON Games.

"Diselenggarakan pertama kalinya di Malaysia, MSC 2022 sejalan dengan rencana strategi Kementerian Pemuda dan Olahraga untuk pengembangan esports tahun 2020-2025, yakni meluaskan dan mendukung turnamen esports regional. Malaysia melahirkan banyak pemain esports profesional berbakat yang telah bersinar di dunia internasional maupun turnamen lokal. MSC 2022 akan meningkatkan esports Malaysia ke taraf yang lebih baik, sejalan dengan visi dan semangat kami untuk memupuk para putra-putri daerah menjadi atlet esports berkelas dunia," ujar YB Dato' Seri Ahmad Faizal bin Dato’ Azumu.

“Pertumbuhan ini merefleksikan ketertarikan tinggi dari komunitas, khususnya para anak muda kepada esports. KBS melalui inisiatif dari ESI, telah berhasil mengumpulkan ketertarikan dan partisipasi besar dari komunitas dibuktikan dengan viewership dari beberapa turnamen ESI seperti Malaysia Esports League dan Malaysia Esports Champhionship yang menyentuh 2,5 juta viewers tahun lalu. Dan platform turnamen ESI, esukan.gg, menunjukan penambahan 150.000 active users, khususya pemain MLBB," ucap Fadzli Rahim, Wakil President divisi Operation & Growth ESI.

"Sebagai salah satu pelopor di dunia esports, MOONTON Games sangat bersemangat untuk berkolaborasi dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga Malaysia, dan ESI sekali lagi menujukan kekuatan ekosistem lokalnya. Kami telah membuat beberapa terobosan pada MPL Malaysia dalam beberapa tahun terakhir, dan kami percaya diri dengan kemampuan para pemain lokal kami untuk mewakili negara di MSC 2022," sambung Fikri Rizal Mahruddin.

#SupremaSEA di MSC 2022

Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup 2022 akan diselenggarakan di Malaysia International Trade and Exhibition Centre (MITEC), pusat eksibisi terbesar di Malaysia. Berlokasi di Kompleks MITEC, No. 8, Jalan Dutamas 2, Kuala Lumpur.

Penggemar yang ingin menyaksikan secara langsung bisa membeli tiket Gold atau Silver untuk menonton tiap pertandingan dari platform Ticket2u. Pada tanggal 11 Juni, fans bisa membeli tiket tersebut langsung di lokasi.

Harga Gold ticket dimulai dari MYR 35 - 40 atau sekitar 115 ribu Rupiah. Fans bisa  me-redeem satu (1) in-game chest berisi skin seperti Cherry Witch Kagura, Evolved Predator Helcurt dan Amethyst Dance Guinevere dan hadiah lainnya. Mereka mungkin juga mendapatkan satu in-game chest dengan hadiah sebuah rare skin Night Shade Ling, Dragon Armor Masha dan Draconic Flame Valir. Keuntungan di tempat, fans dengan Gold tiket diberikan akses prioritas ke hall dan juga meet and greet dengan pemain.

Sementara, Silver ticket dijual dari MYR 25 - 30 atau sekitar 65 ribu Rupiah. Fans bisa redeem 2 in-game chest dengan peluang mendapatkan rare skin. Harga tiket berbeda-beda tergantung lamanya durasi pertandingan dari Bo3 sampai Bo7. 

Ada juga aktivitas menarik di lokasi, termasuk photo boots dan nobar di fan zone. Fans bisa memberikan yel-yel mendukung tim kesayangan mereka scara langsung. Fans di rumah juga bisa streaming secara online dan mendapatkan hadiah dengan cara mengikuti MSC Pass, MSC Tournament Quiz, MSC Championship Quiz dan lainnya.

MSC 2022 Jadwal dan Format

Turnamn akan terbagi dalam dua fase, Group Stage dan Playoffs. Hasil undian pada 26 Mei lalu sebagai berikut:

Tiga (3) points akan diberikan pada tim yang menang dalam (BO2) series. Sementara, satu(1) point akan diberikan kalau kedua tim berakhir imbang.

Jika dua tim terbaik dari tiap grup tak bisa ditentukan dengan sistem poin, maka tidak akan ada pertandingan tiebreaker. Hasil akan ditentukan dengan sistem head to head meliputi durasi pertandingan, jumlah kill dan total gold yang didapatkan.

2 tim teratas dari grup akan bertarung ke fase Playoffs tanggal 14-19 Juni. Tim yang lolos kualifikasi akan sekali lagi diacak untuk menentukan posisi di bracket playoffs.

Kunjungi official website MSC 2022 untuk informasi lebih lanjut.