Esports

Berapa Banyak Pemain Asing Yang Boleh Main di MPL ID S10?

Billy Rifki
27/06/2022 12:30 WIB
Berapa Banyak Pemain Asing Yang Boleh Main di MPL ID S10?
esports.id interview

MPL ID Season 10 kebanjiran rumor dengan kedatangan dua warga negara asing dari Filipina yakni Kairi dan Yeb. Kabar ini cukup menghebohkan karena kedua nama tersebut punya reputasi cukup mentereng di Filipina.

Kairi dan Yeb mengantar ONIC jadi runner up di MPL PH Season 8 dan M2. Mereka berdua diduga kuat tinggal menunggu pengumuman sebagai roster anyar ONIC Indonesia. Walau disebutkan oleh PIC MPL Indonesia kalau mereka menyambut kedatangan pemain asing, namun adakah batasan terkait jumlah maksimal pemain asing yang boleh bermain dalam satu tim MPL?

PT Media Esports Indonesia

Dijelaskan oleh PR Manager Esports Moonton Indonesia, Azwin Nugraha, ternyata ada batasan maksimal suatu tim memiliki pemain asing. Jumlah yang diperbolehkan maksimal hanya dua. "Ada batasannya, maksimal dua player asing di satu tim," ucapnya via Whatsapp ke Esports.ID.

Kalau ditengok kembali, beberapa tim MPL ID yang punya pemain asing memang tak pernah lebih dari dua. Misalnya RRQ yang pernah diperkuat Jamesss dan Wizzking. Jamesss juga pernah di ONIC bersama Sasa atau contoh lainnya Bigetron Alpha punya offlaner Malaysia, Rippo.

Tentu membatasi jumlah pemain asing jadi pengaman bagi MPL Indonesia agar regenerasi pemain lokal ataupun kesempatan pemain Indonesia jadi bintang di negeri sendiri tidak terancam. 

Jadi jangan khawatir kalau Indonesia akan kebanjiran tenaga kerja asing di MPL Indonesia karena sudah ada regulasi yang jelas dan membatasi kuota pemain luar negeri.