Diggie Di-banned MPL PH dan SEA Games Kamboja

Mallasak
05/05/2023 17:08 WIB
Diggie Di-banned MPL PH dan SEA Games Kamboja
Manajer PR Moonton Games PH Keith Medrano

Hero Diggie merupakan salah satu hero yang sering di pilih pada saat turnamen MPL baik di Indonesia atau di Filipina. Baru-baru ini MPL PH memberikan kebijakan untuk melakukan banned permanen pada semua match MPL Season 11.

Bahkan larangan tersebut juga berlaku pada ajang SEA Games Kamboja 2023 ini. Pada format MPL PH larangan tersebut akan berlangsung selama seluruh babak playoff, yang akan diadakan dari tanggal 4 hingga 7 Mei di SMX Convention Center.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Moonton, pengembang tersebut juga mengatakan bahwa larangan penggunaan Hero Diggie akan berlangsung hingga 16 Mei, yang berarti baru selesai sampai Southeast Asian Games, di mana Mobile Legends: Bang Bang selasai.

Hero MLBB Diggie
"Kami telah mengamati bug visual yang terkait dengan pengaturan kunci Diggie dan kemampuan pasif Young Again, memungkinkan pengguna untuk melihat lawan di luar jangkauan penglihatannya. Dengan ini, Diggie akan dilarang dari turnamen hingga 16 Mei 2023," tulis Moonton dikutip dari ABS-CBN pada Jumat (05/05/2023).

Terdapat beberapa tim peserta MPL PH yang merasakan adanya Bug pada saat menggunakan Hero Diggie tersebut seperti Tim Blacklist International, Bren Esports, dan RSG Slate Philippines yang mengalami bug visual, seperti pengamatan dari tim Moonton.

Manajer Hubungan Masyarakat Moonton Games PH Keith Medrano mengatakan, kepada anggota media PH dalam pernyataan sebelumnya bahwa pihaknya memang telah menemukan beberapa kasus bug yang terjadi pada saat menggunakan Hero Diggie. Keith mengatakan, aturan tersebut telah diumumkan terlebih dahulu kepada para tim esports PH yang berhasil lolos ke babak playoff.

"Kami telah mengamati bug yang terkait dengan pengaturan kunci Diggie dan mekanik telur. Dengan ini, Diggie akan dilarang menggunakan turnamen selama satu minggu mulai hari ini. Tim telah diberitahu sebelum pertandingan. Mari kita nantikan musim playoff yang menarik," ungkapnya.

Sebagai informasi, menurut data turnamen, selama musim reguler MPL PH Season 11, Diggie memiliki tingkat kemenangan yang cukup tinggi yaitu sebesar 58,82 persen. Bahkan hero berjesnis support ini juga telah dipilih sebanyak 17 kali selama babak reguler, dan telah memenangkan 10 pertandingan dari total penggunaan hero tersebut.