Outplay Gantikan BTK ke MSC 2023

Mallasak
22/05/2023 16:11 WIB
Outplay Gantikan BTK ke MSC 2023
Kapten Tim BTK MobaZane

Kabar mengejutkan datang dari skena Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) wilayah Nort America (NA) sebab Tim asal Amerika Utara, BloodThirstyKings (BTK) telah kehilangan tiket ke Mobile Legends Southeast Asia Cup (MSC) 2023. Tiket tersebut kemudian digantikan oleh juara kedua North America Challenger Tournaments (NACT) Spring 2023 yakni Tim OutPlay.

Tim BTK gagal mendapatkan tiket ke MSC 2023 walaupun mereka sudah mendapatkan juara pertama pada ajang tersebut karena gagal memenuhi persyaratan turnamen. Kabar tersebut diumumkan langsung oleh Moonton secara resmi mengatakan, bahwa tim tersebut akan digantikan oleh tim runner-up North America Challenger Tournaments (NACT) Spring 2023, OutPlay, sebagai perwakilan regional untuk turnamen tersebut.

Menurut peraturan turnamen MSC 2023, setiap tim yang berpartisipasi diwajibkan untuk mempertahankan minimal 7 anggota, termasuk pelatih, lima pemain (starter), dan satu pemain pengganti. Sayangnya, BTK tidak memenuhi persyaratan ini, yang menyebabkan mereka didiskualifikasi dari kompetisi.

Selain itu, peraturan menetapkan bahwa daftar pemain harus tetap sama dengan tim yang lolos ke MSC 2023 kecuali jika ada kondisi luar biasa yang mengharuskan adanya perubahan sebelum tanggal penguncian daftar pemain. Hal ini terungkap melalui postingan Facebook Mobile Legends Esports.

"Sayangnya, salah satu pemain BTK tidak memiliki paspor yang valid, dan wali sah dari pemain lain tidak menyetujui keikutsertaan mereka, sehingga tim tidak dapat memenuhi persyaratan," tulis postingan tersebut.

Instagram @mlbbesports_official

Meskipun ada upaya yang dilakukan oleh manajemen BTK dengan Moonton, antara tanggal 15 Mei dan 22 Mei, untuk memperbaiki situasi ini, namun sayangnya tim tersebut tidak dapat memperoleh dokumen perjalanan yang diperlukan, termasuk visa dan tiket penerbangan.

Sebagai akibat dari pengunduran diri BTK, kualifikasi MSC dari NACT telah dialihkan ke tim runner-up, yaitu Team OutPlay. Tim ini dengan senang hati menerima kesempatan untuk mewakili NACT di MSC 2023 dan telah menunjukkan kepatuhan terhadap semua persyaratan yang ditentukan oleh penyelenggara turnamen.

"Kami memahami bahwa berita ini mungkin mengecewakan para penggemar BTK, dan kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan," tulis postingan tersebut.

Untungnya BTK tetap akan mendapatkan prioritas dalam berpartisipasi dalam kompetisi IESF, hal tersebut diketahui melalui pengumuman terpisah yang dibuat oleh International Esports Federation (IESF) Mobile Legends mengenai perwakilan Amerika Serikat (AS) yang telah dikonfirmasi.

MSC 2023 sendiri merupakan Turnamen MLBB yang sangat dinanti-nantikan akan dimulai pada tanggal 10 Juni dengan grand final yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 Juni. Berbagai kualifikasi diadakan untuk memilih perwakilan dari masing-masing wilayah.