Hari Jadi Pekanbaru ke-239 , Dispora Gelar Turnamen MLBB & PUBGM

Mallasak
04/05/2023 20:36 WIB
Hari Jadi Pekanbaru ke-239 , Dispora Gelar Turnamen MLBB & PUBGM
Kepala Dispora Kota Pekanbaru, Hazli Fendriyanto

Bagi kamu penggemar gim Mobile Legends: Bang Bang dan PUBG Mobile pasti menyambut baik rencana dari Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Pekanbaru yang berencana menggelar turnamen untuk kedua gim tersebut. Dalam situs pekanbaru.go.id yang di akses pada Kamis (3/05/2023) menerangkan turnamen tersebut dikhususkan untuk kalangan pelajar.

Dalam rilis tersebut dijelaskan, Kepala Dispora Kota Pekanbaru, Hazli Fendriyanto mengatakan, turnamen tersebut juga digelar untuk merayakan dan memeriahkan hari jadi Pekanbaru yang ke-239 pada Juni mendatang. Hazli mengaku pihaknya masih mencari tempat untuk menggelar turnamen tersebut, ia memastikan lokasi turnamen akan disesuaikan dengan selera para generasi Z.

"Esports kita laksanakan di tahun ini. Untuk esports ini kita sedang mencari venue yang tepat, ini bisa saja kita sesuaikan dengan kondisi anak sekarang. Bisa di kafe atau dimana saja tempat yang tepat," ungkapnya dalam rilis.


Mobile Legends Guna menyukseskan agenda turnamen tersebut Hazli mengungkapkan pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan para kepala sekolah di wilayah Kota Pekanbaru untuk bersiap mengirimkan tim terbaik mereka. Hanya saja terdapat persyaratan khusus yang diberikan, Hazli mengatakan para anggota tim yang menjadi perwakilan sekolah harus memiliki nilai rata-rata 8.

"Kita sudah proses administrasi untuk kegiatan itu, pemberitahuan ke sekolah-sekolah. Untuk esports tentu ada syarat tertentu, yang ikut nilainya harus bagus, minimal 8 nila rata-rata raportnya," tutupnya.

Seperti diketahui, PBESI melalui Garudaku juga pernah menggelar Liga Eports Nasional Pelajar pada tahun lalu. Bahkan total hadial yang ditawarkan pada turnamen tersebut tidak main-main yaitu mencapai uang tunai sebesar Rp200 juta kepada pemenang dan beasiswa pendidikan senilai Rp3 miliar.


Kepala Program Akademi Garudaku, Robertus Aditya mengatakan, pihaknya melihat terdapat banyak peluang pada rentang usia remaja untuk mengembangkan bakatnya pada bidang esports. Karena itu, Robertus menjelaskan turnamen liga esports khusus pelajar menjadi salah satu langkah untuk memuluskan jalan mereka berkarir di industri esports.

Kami melihat anak-anak muda yang masih duduk di bangku sekolah dapat menjadi cikal bakal atlet eSports profesional dan harapannya dapat menjadi atlet internasional juga,” ungkap Robertus saat jumpa pers virtual dalam rangka kickoff Liga eSports Nasional Pelajar 2022, Jumat (14/10).