MOONTON Dikabarkan akan Dijual oleh ByteDance

Billy Rifki
16/11/2023 00:47 WIB
MOONTON Dikabarkan akan Dijual oleh ByteDance
Moonton

Megakorporat pemilik waralaba TikTok, ByteDance dikabarkan tengah dalam pembicaraan untuk menjual MOONTON Games, bisnis gaming miliknya. Langkah ini dilakukan dua tahun setelah ByteDance mengakuisisi Moonton sekitar US$4 miliar

Reuters melaporkan, ByteDance telah terlibat dalam diskusi dengan calon pembeli, dengan pembicaraan dilaporkan masih pada tahap awal dan tanpa kepastian penyelesaian kesepakatan. Salah satu calon pembeli terbaik di antara mereka adalah perusahaan Arab Saudi. 

Masih dari sumber yang sama, tampaknya keyakinan ByteDance terhadap pasar game sudah mulai goyah akibat pasar game saat ini semakin dinamis, sehingga menjual MOONTON dinilai bisa menjadi solusi strategis yang terbaik untuk saat ini. 

Keputusan ByteDance untuk menjual MOONTON Games mungkin adalah sebagai langkah untuk kembali fokus pada bisnis intinya, yang mana itu adalah TikTok dan Douyin, dan mengalihkan perhatian ByteDance dari industri game

Sebagai informasi, MOONTON dikenal sebagai pengembang game populer MLBB., Semenjak diakuisisi ByteDance pada tahun 2021, MOONTON lewat MLBB telah memberikan kontribusi yang signifikan bagi ByteDance sendiri.

Kontribusi MOONTON memang besar, tetapi patut diperhatikan bahwa MOONTON sangat bergantung hanya pada MLBB saja, dan tampak inovasi-inovasi gagah jarang terlahir oleh MOONTON. ByteDance akhirnya mengambil tindakan berani dengan menjual MOONTON.

Pungkasnya dari Reuters, ByteDance menolak untuk memberikan tanggapan resmi perihal penjualan MOONTON Games. Maka dari itu, isu ini masih Esports ID klasifikasikan sebagai “RUMOR”. Kendati rumor, tentu isu ini sangat hangat untuk didiskusikan bersama.

Bagaimana menurutmu tentang keputusan ByteDance untuk menjual MOONTON?