Prizepool EWC 2024, Jika Juara, RRQ Belanja Pemain dan Upgrade Fasilitas

Billy Rifki
27/01/2024 15:59 WIB
Prizepool EWC 2024, Jika Juara, RRQ Belanja Pemain dan Upgrade Fasilitas

Pengumuman MSC dan MWI di 2024 ini sudah dipublikasikan. Kedua turnamen MLBB internasional tersebut akan diselenggarakan di Esports World Cup (EWC) 2024 pada Juli mendatang. Hal ini menunjukkan bahwa turnamen bergengsi di pertengahan tahun tersebut sudah berada di level yang lebih berbeda yang tentunya menarik untuk disimak lantaran tim-tim bakal lebih kompetitif demi menjadi tim terbaik dan mendapatkan total prizepool senilai Rp 47 miliar.

Dalam sebuah kesempatan, Co-founder dan CEO RRQ Andrian Pauline berbicara mengenai pengumuman MSC x EWC 2024. Menurut pria yang akrab disapa Pak AP ini, Esports World Cup yang akan diselenggarakan ini merupakan event yang sangat penting bagi Arab Saudi dan juga tim MLBB di seluruh dunia.

EWC pun secara langsung mengubah strategi setiap tim. "Sebenernya persiapan M-Series itu dari Season ganjil, enggak dari Season genap udah telat kalau itu. Tapi sekarang udah enggak bisa, semua udah harus gaspol dari awal," ujar Pak AP di MPL ID Planet Esports.

Ia juga menceritakan bagaimana MSC kali ini menjadi perhelatan yang begitu penting saat dirinya ke bertandang ke Arab Saudi pada Oktober tahun lalu. Dalam sebuah pertemuan dengan petinggi Arab Saudi untuk mengumumkan EWC, sang Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman datang secara langsung ke pertemuan tersebut, hanya dalam waktu singkat untuk menyaksikan video pengumuman Esports World Cup.

Menurut cerita Pak AP, warga-warga di sana mengatakan jika sebuah acara dihadiri langsung oleh sang Pangeran artinya acara itu dinilai sangat berharga dan penting.

Jika melirik dari sudut pandang manajemen, selain berbenah tentu tim juga akan berpikir panjang terkait penggunaan hadiah, terlebih dengan adanya fenomena pensiun dini dari player-player jika sudah meraih prestasi tinggi dan juga meraup keuntungan.

"Ya mungkin dananya digunain untuk beli pemain lagi, untuk rebuild lagi. Saya pikir lebih dari cukup sih itu harusnya (prizepool Rp 47 miliar), maksudnya di luar daripada fasilitas yang yang di upgrade mungkin ada bonus-bonus dan lain-lain," tutur Pak AP.

Club Level Awards EWC 2024

EWC 2024 juga akan megnhadirkan Club Level Awards yang menggiurkan bagi para organisasi esports di dunia. Awards ini sudah pernah dilaksanakan sebelumnya pada gelaran Gamers 8 tahun silam.

Secara garis besar, Club Level Awards adalah kesempatan bagi para Organisasi atau Club Esports untuk mendapatkan hadiah tambahan yang tidak kalah besar dengan prizepool di dalam setiap nomor pertandingan. Berkaca dari Club Awards tahun lalu, total hadiah yang disuguhkan adalah USD 5 juta atau setara dengan Rp 80 miliar.

Lebih jauh, Club Awards adalah persaingan para organisasi tim untuk mendapatkan poin dengan cara memenangkan turnamen di seluruh nomor pertandingan yang dihadirkan EWC. Setiap posisi tim di nomor pertandingan akan didistribusikan menjadi sebuah poin di Leaderboard Club Awards, tim yang mendapatkan poin tertinggi akan menjadi juaranya.

Seperti diketahui, MSC 2024 akan diselenggarakan pada 1-14 Juli. Detail lebih lanjut mengenai tanggal MWI dan format turnamen untuk beberapa kompetisi akan diumumkan lebih lanjut lagi.

Stay tune dengan info terkini terkait EWC, MSC, dan juga MWI 2024 dengan mengikuti akun resmi media sosial MPL Indonesia: