WSL: Revolusi Turnamen Esports Mobile Legends Bang Bang Skena Perempuan di Indonesia

Billy Rifki
19/02/2024 10:01 WIB
WSL: Revolusi Turnamen Esports Mobile Legends Bang Bang Skena Perempuan di Indonesia

Setelah tujuh musim yang sukses sejak tahun 2020, Esports Women's Scene MLBB Championship Indonesia WSL, berhasil menjadi turnamen e-sports perempuan terbesar dan paling popular di Indonesia. WSL telah menjadi panggung bagi para atlet esports perempuan di Indonesia, khususnya cabang esports Mobile Legends Bang Bang selama 7 musim lamanya.

Sebagai penginisiasi, WSL telah menjadi katalisator utama dalam membangun komunitas e-sports perempuan yang kuat dan kompetitif. Dengan fokus pada kualitas, WSL tetap dengan visi dan misinya dimana dengan adanya kompetisi ini diharapkan dapat melampaui batas-batas gender dan memberikan platform bagi bakat-bakat tersembunyi perempuan Indonesia untuk bersinar di bidang Esports Indonesia. Para peserta WSL tidak hanya menjadi pesaing yang tangguh, tetapi juga akan menjadi inspirasi bagi generasi mendatang. Hal ini terbukti karena WSL telah berhasil memunculkan atlet-atlet esports perempuan hebat yang telah mengukir sejarah baru untuk Indonesia, dengan membawa pulang medali emas untuk kategori Esports MLBB SEA Games Kamboja kategori perempuan.

Hingga di musim kedelapannya, WSL akhirnya berkolaborasi dengan MDL Indonesia yang memiliki misi untuk mengusung tema esports for everyone . Dimana pemenang turnamen WSL Musim ke delapan kali ini, yaitu Bigetron Era akan memulai debut pertamanya di turnamen MDL Indonesia pada musim ke sepuluhnya. Kolaborasi ini diharapkan dapat memberikan perspektif baru yang positif terhadap skena perempuan dan mematahkan stigma kebanyakan penggiat Esports MLBB, kalau turnamen resmi dari Moonton hanya dapat diikut sertakan oleh para pemain profesional pria saja.

Antusiasme dan harapan tinggi juga menyertai kolaborasi ini, mengingat bertambahnya jumlah tim yang berpartisipasi pada babak play-in WSL serta prestasi luar biasa yang telah dicapai oleh atlet-atlet perempuan berbakat.

Tentang WSL: WSL adalah turnamen e-sports perempuan terkemuka yang telah mengukir namanya dalam sejarah e-sports global. Dengan tujuan untuk mempromosikan inklusivitas dan mendorong pertumbuhan atlet perempuan dalam industri, WSL telah menjadi platform yang membawa bakat-bakat baru ke panggung e-sports. WSL adalah pionir untuk event Mobile Legends: Bang Bang khusus perempuan di Indonesia yang pertama kali diadakan pada 2020 oleh PT Sepuluh Sebelas Media. Dengan dedikasi untuk memajukan skena Mobile Legends Bang Bang perempuan, WSL telah menjalankan event selama total 8 kali dalam kurun waktu 4 tahun dan telah meraih total 40 juta penonton. Hal Ini menjadikan WSL sebagai event khusus perempuan di Indonesia yang mendapatkan total penonton terbanyak.