Tingkatkan Kredibilitas, The Awards MPL ID Season 13 Hadirkan Kategori Baru!

Billy Rifki
04/04/2024 15:15 WIB
Tingkatkan Kredibilitas, The Awards MPL ID Season 13 Hadirkan Kategori Baru!

The Awards MPL ID Season 13 akan kembali digelar dengan menghadirkan beberapa kategori baru, untuk meningkatkan kredibilitas, meningkatkan keadilan, dan menonjolkan lebih banyak pemain di berbagai platform.

The Awards MPL ID Season 13 akan memiliki mekanisme yang lebih sederhana yang akan digunakan untuk menentukan pemenang.  Total hadiah untuk The Awards  juga ditingkatkan menjadi 154,5 Juta Rupiah.

Tidak hanya dalam segi liga saja, MPL ID juga terus mengembangkan The Awards menjadi semakin lebih besar. Di Season 12 sebelumnya, The Awards hanya memberikan 9 kategori utama sana, sedangkan di Season 13  ada lebih dari 10 kategori yang akan ditampilkan.

The Awards MPL ID Season 13 Categories

Berikut kumpulan kategori-kategori di The Awards MPL ID Season 13:

  • Regular Season MVP
  • First Team (1st Team)
  • Second Team (2nd Team)
  • Rookie of The Season
  • Coaching Team of The Season
  • Final MVP
  • Most Improved Player (MIP)
  • Indonesian Talent of The Season
  • English Talent of The Season
  • Outstanding Media Contribution Award
  • Dream Team of The Season
  • Most Popular Media of The Season
  • Best Teammate of The season

Terhitung ada 13 total kategori yang akan ditampilkan selama The Awards MPL ID Season 13 nanti, di mana 6 diantaranya adalah kategori yang baru diperkenalkan pada musim ini.

Second Team (2nd Team) adalah kategori yang terdiri dari 5 pemain dengan performa maksimal selama Regular Season tetapi tidak mendapatkan penghargaan First Team. Penghargaan ini ditujukan untuk mengakui kontribusi dan keunggulan yang signifikan dalam peran permainan mereka.

Di musim ini, para pelatih juga bisa kembali mendapatkan penghargaan, hanya saja bukan untuk perorangan tetapi untuk satu Coaching Team. Coaching Team of The Season akan diberikan kepada jajaran Coaching Staff yang diakui memiliki kinerja dan kontribusi yang luar biasa dalam satu musim berjalan. Jajaran Coaching Staff yang dimaksud berupa Head Coach, Assistant Coach dan Analyst.

Best Teammate of The Season juga akan diberikan kepada para pemain secara individual yang memperlihatkan kerja sama, sportmanship, dan kontribusi yang positif untuk tim mereka sepanjang musim. Khusus kategori ini, para pemain yang akan melakukan voting terhadap nominasi yang sudah disediakan nantinya.

Terakhir ada Outstanding Media Contribution Award yang akan diberikan kepada media dengan tujuan memberikan penghargaan bagi mereka yang berhasil memberikan kontribusi besar untuk liga MPL ID sepanjang musim melalui hasil liputan, reporting, dan promosi terhadap aktvitas dan event yang berlangsung selama MPL ID Season 13 berjalan.

4 kategori di atas adalah kategori baru yang akan dinilai dan ditentukan oleh Committee dan Data sepanjang musim berlangsung. Tidak berhenti di sana, akan hadir juga 2 kategori yang akan ditentukan dari para penggemar, yaitu Fan Voted Award. Kategori yang diberikan adalah Dream Team of The Season dan Most Popular Media of The Season.

Pemenang dari kedua kategori ini akan didasarkan dari hasil voting terbuka para fans, alhasil sang pemenang nantinya akan didasarkan dari hasil suara penikmat MPL ID. Untuk mekanisme pemungutan suara, dan tanggalnya akan diinformasikan lebih lanjut di Sosial Media MPL Indonesia!

Di luar keenam kategori baru di atas, Rookie of The Season musim ini juga akan lebih ditekankan melalui arti sebenarnya dari "Rookie", agar tidak menanamkan banyak pertanyaan di benak para penggemar. Nominasi Rookie of The Season musim ini akan diisi oleh para pemain yang belum pernah bermain di MPL manapun sebelumnya atau MLBB Official League (MSC  atau M-Series) lainnya.

Mekanisme Penilaian The Awards MPL ID Season 13

Di tahun ini, MPL ID juga berusaha untuk memberikan transparansi penilaian The Awards. Beberapa kriteria penilaian sudah ditentukan untuk setiap kategori. Ada 3 kriteria penilaian yang ditetapkan untuk menentukan Nominasi dan juga Pemenang dari setiap kategori The Awards:

  • Awards Point: Awards Point terbagi menjadi dua bagian yakni In-Game Performance dan Honor Points. Keduanya akan menentukan Awards Point dari setiap pemain, agar bisa menjadi kriteria untuk masuk ke dalam nominasi kategori yang ada.
  • In Game Performance: Performa yang didasarkan atas rating In-Game yang dicapai oleh player dalam setiap match sepanjang musim berlangsung.
  • Honor Points: Poin didasarkan atas pencapaian penghargaan para pemain selama season berlangsung (Player of The Week, Player of The Match, dan lain-lain).
  • Data & Committee Vote: Awards Committee akan diseleksi oleh MPL Indonesia, dan mereka bertanggung jawab atas pemilihan kandidat nominasi setiap kategori The Awards MPL ID Season 13, dan juga akan menentukan siapa pemenang dari setiap nominasi yang ada.
  • Fan Vote: Terakhir ada Fan Vote, yang artinya pemenang dari kategori yang sudah ditentukan akan didasarkan pada hasil pemungutan suara para penggemar.

Pastikan kalian terus memberikan dukungan penuh kepada para tim dan pemain favorit kalian di MPL ID Season 13, agar mereka bisa mendapatkan penghargaan di musim kali ini. Nantikan informasi mengenai The Awards MPL ID Season 13 lainnya di seluruh platform MPL Indonesia!