Game Tiruan Mobile Legends: Bang Bang dengan nama 'MOBA Legends' Rilis di India pada 24 April 2024

Aldodanoza
25/04/2024 10:43 WIB
Game Tiruan Mobile Legends: Bang Bang dengan nama 'MOBA Legends' Rilis di India pada 24 April 2024

Game MOBA paling populer di Android dan iOS, Mobile Legends: Bang Bang, kabarnya hadir di India dengan publisher yang berbeda serta nama yang aneh, yakni MOBA Legends: 5v5. Game tersebut rilis pada 24 April 2024 lalu yang mana bukan menjadi game resmi yang dipublikasi oleh Moonton Games itu sendiri.

Moonton pun masih belum memberikan konfirmasi terkait legitnya MOBA Legends: 5v5 ini, apakah game tersebut merupakan versi lokalisasi yang rilis untuk regional India, atau memang Vizta Games selaku publisher dari MOBA Legends: 5v5 ini benar-benar mencuri formula dari Mobile Legends: Bang Bang. Uniknya, game tersebut memiliki engine dan gameplay yang serupa dengan Mobile Legends: Bang Bang ketika dijalankan.

Bisa jadi, MOBA Legends: 5v5 ini merupakan versi lokalisasi yang dipublikasi oleh publisher yang berbeda, yakni Vizta Games. Karena sebelumnya, Moonton Games sempat mendapatkan 'banhammer' dari India pada 2020 lalu untuk game Mobile Legends: Bang Bang, yang mana penangguhan tersebut dilakukan karena Moonton Games mengambil data pribadi dari penggunanya, menurut Kementrian Elektronik India.

Kasus tersebut serupa dengan Tencent dan Krafton yang melakukan publikasi PUBG Mobile di India dengan nama Battlegrounds Mobile India (BMGI). Sehingga dari spekulasi yang ada, memang benar Moonton Games memindahkan hak publikasi ke Vizta Games untuk MOBA Legends: 5v5 ini.

Memang sulit bagi gamer India untuk menikmati game mobile yang sudah menggelegar di luar negara tersebut, sehingga bagi developer, amat sulit untuk membawa game tersebut ke India dengan segala regulasi yang ada. Di lain hal, beberapa publisher pun sempat memberikan hak publikasi kepada developer untuk bisa rilis di negara tersebut. Di antaranya Arena of Valor di Vietnam dengan nama Lien Quan Mobile, League of Legends: Wild Rift yang berpindah publisher menjadi VNG Mobile, dan sebagainya.