Lima MOBA Android yang Lebih Seru dari ML dan AoV

Billy Rifki
22/11/2017 10:12 WIB
Lima MOBA Android yang Lebih Seru dari ML dan AoV
Google Images

Saat ini, kita tidak bisa membantah bahwa popularitas Mobile Legends ataupun Arena of Valor sedang tinggi-tingginya. Bukan saja dari kalangan gamer, tapi mulai dari anak kecil, bapak-bapak, tukang ojek, bahkan kaum hawa juga sudah mulai keranjingan main game bergenre satu ini. Ada yang awalnya hanya ikut-ikutan main, sampai yang benar-benar serius menggelutinya.

Tapi sebenarnya masih ada beberapa game sejenis ini yang ternyata tidak kalah serunya dengan ML atau AoV. Beberapa diantaranya malah lebih seru loh! Game-game berikut ini dijamin bakal bikin kamu lupa waktu dan ketagihan untuk 'mencetin' layar hape-mu.

1. Battle Bay

Bukan sembarang MOBA. Kamu tidak akan menemukan karakter hero di sini, tapi kamu akan menggunakan kapal yang dipersenjatai berbagai macam alat perang. Medan perangnya juga unik yakni sebuah teluk lengkap dengan pasang surut air dan bebatuan karang, yang semuanya bisa digunakan untuk keuntungan perang. Wah cukup menantang kan kedengarannya.

Rovio, selaku pengembang game ini yang juga kreator Angry Birds, akan mengadu player dalam pertempuran 5 vs 5. Nantinya kapalmu akan diisi oleh crew yang akan meningkatkan kemampuan perang sekaligus membuka akses untuk menggunakan senjata tertentu. Oh iya, perlu diingat bahwa di game ini tidak ada respawn. Jadi kalau terkena kerusakan fatal, kapal akan tenggelam dan kamu harus melihat rekan timmu bertempur hingga habis semua. Cocok banget sama semangat Menteri Perikanan Ibu Susi yah, tenggelamkan!!!

Sekedar masukan untuk kamu yang ingin mencobanya, review game Battle Bay berkisar di rating 4,6/5 (Google Play) dan 4,7/5 (iTunes).

2. Heroes of Order and Chaos

Salah satu MOBA lawas yang sudah memiliki banyak fans gamer. Game besutan Gameloft ini sejatinya memiliki cita rasa paling mirip dengan MOBA versi PC. Secara grafis, game ini mengingatkan dengan grafis engine yang digunakan pada Warcraft III atau DotA. Bila dibandingkan 'Moba jaman now', Heroes of Order and Chaos memiliki dinamika map yang lebih variatif dengan rerumputan untuk sembunyi, bebatuan, aliran air di sungai dan pohon yang memberi efek fog of war, layaknya Moba PC.

Uniknya lagi, tidak seperti Moba kekinian, di game ini kamu bisa mem-blok creep layaknya di DOTA 2. Seperti yang mungkin kamu juga tahu, creeps block itu bagian cukup penting dalam gameplay DOTA 2.

Rating game satu ini memang hanya berkisar di angka 4,2/5 di Google Play, yang lebih disebabkan karena kekecewaan para pemain akibat game ini seperti tidak dikembangkan secara optimal oleh publishernya. Tapi yang masih penasaran, tidak ada salahnya untuk mencoba game MOBA pertama di Android ini.

3. Heroes Evolved

Game besutan pengembang Net Dragon ini boleh dibilang sekelas lebih keren dibanding ML maupun AOV. Kenapa? Pertama dari segi grafisnya yang lebih halus. Berikutnya, itemisasi menjadi lebih bermakna di Heroes Evolved karena tidak hanya ada di inventory namun beberapa item perlu untuk diaktifkan manual, seperti Vangeful Deity yang berfungsi layaknya Blade Mail di DOTA 2, sehingga menambah kekhasan Moba yang lebih kompleks.

Variasi hero untuk digunakan juga cukup banyak di Heroes Evolved, serta ada update terbaru yang mulai mengadopsi strategi seperti halnya di AOV yang miliki superhero dari DC, dengan menambah karakter fiksi tersohor seperti Bruce Lee. Faktanya, berdasarkan review para pemain, game ini lebih jarang terkendala lag.

4. Light x Shadow

MOBA dipadukan dengan Anime. Itulah gambaran besar game bertitel Light x Shadow ini. Gameplay masih sama seperti Mobile Legends ataupun AoV, namun yang paling menarik adalah kumpulan hero yang terinspirasi anime. Begitupun skill dan  grafis 3D yang imut bikin mata tidak gerah melihat tipikal hero MOBA itu-itu aja.

Ulasan dari para pemainnya juga cukup positif, hanya saja memang jumlah pemainnya belum sebanyak dua Moba mainstream.

5. Paragon

Kalau yang ini bonus ya, karena bukan Moba Android namun dikeluarkan khusus untuk PC dan console. Tapi bagi yang tertarik bisa intip bagaimana kerennya Paragon. Grafisnya syur banget dengan tingkat detil yang tinggi. Sudut pandang ketiga/Third Person View makin memperlihatkan pesona dari game ini.

Berbeda dengan Smite, game Moba lain yang mengusung TPS, Paragon jauh lebih realistis dengan efek-efek lebih menggelegar. Patut dinanti apakah kelebihan grafis bisa membuat Paragon menggeser dominasi DOTA 2 dan LOL yang sudah menancap lama di hati gamer.