MINDVOKE VR Competition, Tren eSports Masa Depan?

Michael
09/04/2018 11:02 WIB
MINDVOKE VR Competition, Tren eSports Masa Depan?

Tren industri game awal tahun 2018 terus menunjukkan perkembangan menggembirakan. Mulai dari pertandingan eSports skala internasional, meningkatnya perkumpulan game developer dan game player di Asosiasi Game Indonesia yang saat ini telah menjaring lebih dari 150 anggota, hingga yang terbaru semakin diminatinya Virtual Reality (VR) dan digadang menjadi next level eSports competition.

Dalam sebuah survei dari AppAnnie dan Newzoo menyatakan bahwa Augmented Reality (AR), Virtual Reality(VR), Mixed Reality (MR) dan eSports adalah masa depan industri game. Pendapatan industri dari sektor tersebut diperkirakan akan meningkat berkali-kali lipat hingga 2020 mendatang.  Tren dari industri game yang tidak dapat dibendung saat ini membuat SHINTA VR sebagai developer game lokal menciptakan game VR bernama CODENAME: MINDVOKE. 

Co-Founder SHINTA VR, Akira Sou mengatakan bahwa antusias peserta dari perlombaan ini membuktikan peminat game VR di Indonesia sangatlah potensial, “CODENAME: MINDVOKE – Competition merupakan wadah yang ingin kita kembangkan untuk terus meningkatkan minat orang-orang dalam permainan VR. Bukan suatu hal yang mustahil jika VR game pun akan menjadi tren game di Indonesia maupun di dunia dalam beberapa tahun kedepan.

Andes Rizky, Co-Founder Shinta VR, memberikan pandangannya terkait dengan SHINTA VR yang memiliki visi untuk bisa menjadi developer game lokal, yang bisa menembus pasar internasional, “Indonesia dipenuhi anak-anak muda yang kreatif, mereka mampu untuk bersaing dan tidak kalah dengan warga negara lain. Dengan tingginya penetrasi pasar dalam industri game virtual, SHINTA VR akan terus berkomitmen untuk melakukan inovasi, agar game kami CODENAME: MINDVOKE bisa terus berkembang dan menjadi game virtual pertama di Indonesia yang menembus pasar international.”

CODENAME: MINDVOKE – Competition ini diikuti oleh salah satu komunitas VR dari Universitas Bina Nusantara. Para pemain telah mendaftar sejak tanggal 3 April 2017, serta babak penyisihan yang telah dimulai pada tanggal 6 April 2018 di What’s Up Café, Kebon Jeruk – Jakarta Barat. Total sebanyak 30 tim yang berpartisipasi dalam ajang ini, dimana setiap tim terdiri dari 2 orang. Babak semifinal akan dilaksanakan pada Sabtu, 21 April 2018 dilanjutkan dengan final pada Sabtu, 28 April 2018 di What’s Up Café.

SHINTA VR Optimis Terus Berkembang
CODENAME: MINDVOKE – COMPETITION menjadi perlombaan pertama yang diselenggarakan oleh SHINTA VR. Dalam jangka panjang, SHINTA VR akan berkolaborasi dengan beberapa kegiatan, diantaranya adalah dengan Game Prime Event di bulan Juni, 2018, kemudian menggandeng UltimoHombre, yang rencananya akan menjadi liga e-sport dari Inggris pertama hadir di Indonesia. Serta, bergabung dalam Habibie Festival, yang merupakan kegiatan showcase teknologi dari Berkaya Indonesia di bulan November 2018.

 Bagaimana Sobat eSports? Tertarik untuk mencoba sekaligus berkompetisi dengan Virtual Reality?