Usai Piala Menpora 2020, Mungkinkah Giring & IESPL Buat Event Internasional?

Billy Rifki
05/08/2020 15:53 WIB
Usai Piala Menpora 2020, Mungkinkah Giring & IESPL Buat Event Internasional?
Esports.ID Interview

Sejak melebarkan sayapnya dari dunia musik ke industri esports, Giring Ganesha atau yang dulu lebih dikenal masyarakat sebagai Giring "Nidji" selalu punya gebrakan-gebrakan dan ambisi positif untuk memajukan esports tanah air.

Membentuk IESPL atau Indonesia Esports Premier League, sebuah organisasi liga esports terbesar di Indonesia, yang tak cuma menciptakan turnamen sendiri macam Tokopedia Battle Of Friday namun melibatkan pihak lain termasuk pemerintah didalamnya.

IESPL dan Giring menjadi jembatan untuk pemangku regulasi ikut campur tangan dalam mengembangkan esports. Giring telah membantu terwujudnya dua edisi Piala Presiden Esports dan tahun ini, ia menyiapkan Piala Menpora 2020.

Secara riwayat, Giring dan IESPL selalu menunjukan inovasi yang meningkat di tiap kesempatan. Setelah meracik kompetisi sendiri, lalu mempertemukan tim profesional dan para amatir berbakat di Piala Presiden, kemudian mengundang peserta regional dari Asia Tenggara untuk edisi kedua. Mungkinkah Giring Ganesha mengincar skala turnamen lebih besar di masa mendatang? Membuat sebuah turnamen berkelas internasional yang mendatangkan tim-tim terkenal dari Eropa, Cina dan Amerika.

Sayangnya, agenda tersebut belum bisa dipastikan untuk masa depan. Seperti ditanyakan oleh Esports.ID kepada Mas Giring kalau mewujudkan event internasional agak bermasalah di situasi pandemi seperti sekarang. Hanya saja, bukan tidak mungkin Mas Giring sudah merencanakan sesuatu yang besar selepas virus Corona mereda. "Selama masih kondisi pandemi, belum ada rencana untuk kejuaraan yang sifatnya internasional. Kita masih fokus di skala nasional aja dulu" tutur Giring via Whatsapp.

Bukan hal yang mustahil memimpikan hal tersebut, bila tujuan dari Piala Menpora 2020 tercapai, yakni menemukan bibit-bibit berprestasi baru di kancah esports, maka tahap selanjutnya untuk IESPL dan pemerintah adalah menyiapkan platform bagi mereka untuk persaingan di level nasional dan internasional.

Inovasi apa yang Sobat Esports harapkan dari Mas Giring dan pemerintah di masa mendatang?