Jajaran Laptop Terbaru ROG di CES 2021, Tingkatkan Teknologi Layar!

Basitullah
13/01/2021 15:32 WIB
Jajaran Laptop Terbaru ROG di CES 2021, Tingkatkan Teknologi Layar!

ASUS mengumumkan jajaran laptop ROG terbaru yang hadir dengan teknologi layar terkini, mulai dari layar dengan panel 4K 120Hz, WQHD 165Hz, dan FHD 360Hz. Pertama kali diperkenalkan di ajang CES 2021, jajaran laptop dengan layar paling canggih di dunia yang tentunya hadir untuk memenuhi sekaligus memanjakan para gamer.

Laptop gaming ROG yang menggunakan layar berteknologi terkini di antaranya adalah ROG Strix SCAR 17 yang tampil dengan panel 360Hz / 3ms untuk para gamer esports profesional, serta laptop gaming layar ganda ROG Zephyrus Duo 15 SE yang mengusung panel 4K 120Hz. Semenntara varian laptop gaming ROG lainnya akan tampil dengan variasi panel WQHD 165Hz yang mampu menampilkan konten grafis lebih tajam dan lebih baik dari panel beresolusi FHD.

Teknologi layar yang diusung oleh jajaran laptop gaming ROG kali ini tidak hanya menjanjikan pengalaman bermain yang lebih baik untuk para gamer, tetapi juga menghadirkan kualitas reproduksi warna terbaik untuk para content creator.

Pimpin Teknologi Layar Laptop Gaming

Kecepatan adalah hal yang paling krusial pada sebuah layar untuk laptop gaming. Hal tersebut pula yang selalu menjadi fokus utama tim ROG dalam mengembangkan teknologi layar laptop. ROG sejak lama telah menjadi pemimpin dalam industri layar gaming dan merupakan yang pertama dalam menghadirkan layar IPS-level 120Hz ke pasar.

ROG terus berinovasi dan membawa teknologi Overdrive dari monitor gaming ke layar laptop, sehingga untuk pertama kalinya layar laptop dapat memiliki refresh rate yang sangat kencang dan response time yang sangat singkat. Tentu saja ROG akan terus mengembangkan layar dengan refresh rate yang lebih baik dan response time yang lebih singkat, semua itu tanpa mengorbankan kualitas reproduksi warna.

Salah satu pencapaian tim ROG dalam mengembangkan layar berkecepatan tinggi terdapat pada laptop gaming ROG Strix SCAR 17 yang mengusung layar dengan panel 360Hz / 3ms, menjadikannya tampil sebagai laptop gaming dengan layar paling kencang di dunia saat ini. Performa layar pada ROG Strix SCAR 17 menyerupai monitor gaming ROG Swift yang sama-sama mengusung panel 360Hz, sementara response time 3ms dapat dicapai berkat algoritma khusus yang juga digunakan di jajaran monitor gaming ROG.

ROG Strix SCAR 17 merupakan laptop yang dirancang khusus untuk para gamer esports dan keberadaan layar dengan refresh rate kencang serta response time singkat merupakan salah satu hal paling penting. Menggunakan panel 360Hz akan memangkas waktu delay setiap kali frame ditampilkan hingga 33% dari panel 240Hz. Hal tersebut akan sangat berpengaruh pada para profesional gamer yang kemenangannya sangat ditentukan dari kecepatan respon serta kemampuan layar untuk menampilkan gambar secepat mungkin.

Untuk saat ini, layar dengan panel 360Hz / 3ms hanya terdapat di ROG Strix SCAR 17. Varian laptop gaming ROG lainnya seperti ROG Strix SCAR 15 dan ROG Zephyrus Duo 15 SE akan tampil dengan panel 300Hz / 3ms.

Seimbangkan Kecepatan dan Resolusi

Komunitas gaming tidak hanya sebatas esports semata. Itulah mengapa ROG fokus dalam mengembangkan teknologi layar dengan panel IPS-level. Berbeda dengan teknologi panel lainnya, IPS-level mampu tampil dengan refresh rate yang kencang dan response time singkat, namun tetap memiliki sudut pandang lebar serta kemampuan reproduksi warna yang tinggi. Tahun 2020 silam, ROG bahkan dapat menghadirkan laptop gaming ROG Zephyrus yang mengusung panel 300Hz namun tetap memiliki kualitas reproduksi warna tinggi dan akurat dan mendapatkan sertifikasi PANTONE Validated.

Menggunakan layar beresolusi tinggi juga akan menimbulkan masalah, pasalnya semakin tinggi resolusi layar maka akan semakin rendah refresh rate-nya. Sebelumnya layar beresolusi 4K UHD hanya dapat tampil dengan refresh rate 60Hz yang tentu saja bukan lagi standar untuk gaming. Untuk itulah tim ROG kali ini menghadirkan inovasi terkini yang akan meningkatkan standar industri pada layar laptop gaming.

Salah satu inovasi terbaru yang dihadirkan oleh tim ROG kali ini terdapat pada laptop gaming berlayar ganda ROG Zephyrus Duo 15 SE. Laptop gaming tersebut memiliki varian yang mengusung layar 4K UHD dengan refresh rate 120Hz dan response time 3ms. Tidak hanya itu, layar ROG Zephyrus Duo 15 SE memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat dengan color gamut hingga 100% pada Adobe RGB serta mengantongi sertifikasi PANTONE Validated.

Tidak hanya pada jajaran laptop gaming premium, tim ROG juga berkomitmen untuk menghadirkan inovasi tersebut sehingga dapat diakses oleh lebih banyak gamer. Pada bulan September 2020, ASUS ROG merupakan produsen laptop gaming pertama di dunia yang memperkenalkan layar WQHD dengan resolusi 2560 x 1440 pixel yang juga tampil dengan refresh rate hingga 165Hz. Teknologi layar ini akan menjadi standar baru dalam industri laptop gaming dan akan tersedia di jajaran laptop gaming ROG seperti ROG Zephyrus G15, ROG Strix G15, serta ROG Strix G17.

Inovasi Pada Layar Berukuran Kecil

Layar berperforma tinggi tidak hanya akan dihadirkan pada laptop gaming berlayar besar. Laptop gaming dengan ukuran layar 14 inci seperti ROG Zephyrus G14 juga akan mendapatkan upgrade, yaitu layar dengan resolusi WQHD dengan refresh rate 120Hz. Sama seperti generasi sebelumnya, ROG Zephyrus G14 juga memiliki tingkat reproduksi warna yang tinggi dan akurat, serta telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated. Hal tersebut membuat ROG Zephyrus G14 sangat ideal sebagai “do-it-all laptop” yang sangat bertenaga, baik untuk bermain game, menikmati hiburan multimedia, bahkan hingga untuk content creation.

Tahun ini, ROG juga menghadirkan laptop gaming baru yang sangat spesial yaitu ROG Flow X13. Laptop gaming inovatif tersebut mengusung layar 13 inci yang disematkan pada form-factor 2-in-1 yang sangat ringkas. Meski demikian, tim ROG mampu menghadirkan layar beresolusi FHD dengan refresh rate 120Hz dengan rasio layar 16:10 yang memungkinkan ruang kerja lebih lega. Layar yang disusung di ROG Flow X13 juga memiliki fitur touchscreen dan mendukung penggunaan stylus.

Bagaimana menurut pendapatmu Sobat Esports? Kira-kira, bakal ada kejutan apalagi di hari selanjutnya CES 2021? Nantikan terus update terbarunya hanya di Esports.ID yah!