Webinar UNITY: Tips Penting Jadi Shoutcaster dari Bella dan Abigail

Michael
05/06/2021 17:24 WIB
Webinar UNITY: Tips Penting Jadi Shoutcaster dari Bella dan Abigail
Webinar UniPin Community - Shoutcaster Bella & Abigail

Perhatian UniPin, khususnya UnPin Community terhadap “Kaum Hawa” di industri esports tanah air nampaknya patut diacungi jempol. Tak hanya serius menghidupkan scene kompetisi esports ladies, UniPin Community juga menggelar webinar yang menghadirkan narasumber wanita-wanita yang terjun di dunia esports. Seperti yang webinar yang mengundang dua narasumber shoutcaster ternama, Bella “Heartfire” Victoria dan Abigail

Bella “Heartfire” Victoria merupakan shoutcaster muda yang terbilang belum lama menjajaki dunia shoutcaster. Dirinya mengaku menemukan passion dan memulai sebagai shoutcaster Valorant dengan mengajukan diri tanpa dibayar sepeser pun.

Yamisok Nobar

“Sebagai orang baru dan belum ada history apapun, pastinya orang gak langsung percaya kepada kita. Kita sendiri harus bisa bikin orang percaya sama kita, karena respect diberikan bukan diminta,” ujar Bella.

Antusias peserta webinar Unity

Sementara bagi Abigail, menjadi seorang shoutcaster tentunya harus bisa menangkap momen-momen penting dan juga menarik seperti war dari jalannya sebuah pertandingan. Shoutcaster juga perlu mampu membuat pertandingan seru menjadi sebuah narasi yang mudah dimengerti oleh penonton, Tidak hanya skill, seorang shoutcaster juga harus bisa stand out dengan ciri khas berbeda yang tidak dimiliki oleh individu lainnya,

“Hal yang harus diperhatikan sebagai shoutcaster yaitu lebih ke self-branding. Karena dengan self- branding, kamu bisa mencari sesuatu yang unik dari sendiri dan bisa dijadikan tambahan untuk branding.”

Debora Imanuella, selaku Senior Vice President UniPin Community yang hadir sebagai moderator juga menambahkan, bahwa shoutcaster juga perlu memiliki attitude. Tepat waktu dan mampu menerima feedback adalah dasar yang penting untuk dimiliki.

“Kemampuan dalam transisi yang baik juga skill yang penting, loh. Kemampuan transisi yang dimaksud dalam hal ini adalah alur pergantian antara shoutcaster berbicara. Karena ketika ada lebih dari satu shoutcaster tidak tumpang tindih,” tambah Debora lagi.