Tips Ritual Upgrade di Ragnarok X: Next Generation

Michael
22/09/2021 10:46 WIB
Tips Ritual Upgrade di Ragnarok X: Next Generation
Panduan Ragnarox X Tensura

Selain memiliki event Ragnarok X Tensura yang dibarengi dengan event Top-Up Giveaway Slime Surprise, Ragnarok X: Next Generation merupakan salah satu adaptasi game Ragnarok Online yang dibuat cukup mirip dengan versi originalnya. Beberapa sistem klasik Ragnarok Online kembali dimunculkan di Ragnarok X, salah satunya adalah sistem upgrade atau menempa equipment.

Sistem menempa equipment di Ragnarok X dikembangkan lebih jauh lagi sehingga memunculkan fungsi Refine, Upgrade, Enchant, dan Card. Keempat tipe peningkatan ini memiliki efek yang berbeda-beda pada equipment dan memiliki tingkat keberhasilan yang berbeda juga.

Walaupun peningkatan status tersebut bisa dilakukan terus menerus, tapi sebenarnya Ragnarok X memberikan target spesifik yang disebut sebagai Awakening. Setiap kategori memiliki targetnya sendiri-sendiri yang bisa disimak secara langsung di bagian opsi Awakening yang bisa diakses di bagian menu karakter yang ada di tanda panah kanan.

Panduan kali ini akan  mengkhususkan diri untuk bagian Upgrade equipment putih (Instance) saja dengan target mencapai Upgrade Awakening Tier kedua (20% Upgrade Effect).

Ritual Tiga Hari

Untuk melakukan upgrade dengan optimal, kamu bisa mengikuti jadwal tiga hari yang biasa dilakukan orang-orang yang ingin melakukan upgrade untuk equipment Instance mereka. Cara ini bisa dimulai dari level 1, tapi biasanya orang-orang akan mulai mengejar equipment mereka di level 40.

Jadwal ini disusun sedemikian rupa sehingga kamu tidak menghabiskan banyak resource dan waktu.

Day 1

Hari pertama kamu bisa mengerjakan quest harian "Xavier's Mysterious Item" untuk mendapatkan 10 Fish Print Commemorative Coins. Bila kamu cukup niat, kamu bisa mengerjakan kompetisi memancing ini untuk mendapatkan Fish Coin lebih banyak. Koin ini harus kamu tabung untuk membeli pancingan di hari kedua.

Setelah selesai mengerjakan quest Xavier kamu bisa menghabiskan Odin Blessing yang kamu dapatkan dari Daily Quest di Mission Board. Bila Odin Blessing sudah habis, kamu bakal memiliki Stamina yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan Life Skill.

Kerjakan Life Skill Mining di hari pertama hingga Stamina milikmu habis. Kamu bisa membeli Advance Pickaxe di Sundries atau di Vending pemain lain.

Day 2

Hari kedua bisa kamu mulai dengan menyelesaikan quest "Xavier's Mysterious Item" untuk mendapatkan 10 Fish Print Commemorative Coins. Setelah memiliki 20 koin, kamu bisa membelanjakan koin tersebut ke Xavier untuk membeli Automatic Fishing Rod (20 koin).

Setelah mendapatkan Automatic Fishing Rod, kamu diwajibkan membeli umpan yang kamu butuhkan untuk mendapatkan Shell, Turquoise, dan Cobblestone. Setelah mendapatkan umpan yang kamu butuhkan, kamu bisa lanjut mengerjakan Daily Quest dan menghabiskan Odin Blessing untuk Stamina. 

Setelah Stamina terkumpul, kamu bisa memancing di Prontera dengan menggunakan umpan yang kamu miliki. Gunakan Automatic Fishing Rod terlebih dahulu hingga habis, baru kemudian pancing manual. Satu buat Automatic Fishing Rod bisa digunakan untuk 50 bait, jadi perhitungkan berapa banyak Bait yang kamu miliki untuk digunakan memancing manual maupun otomatis.

Fish Print Commemorative Coins bisa dibeli di Exchange Center. Itu artinya kamu bisa membelinya dengan menggunakan Crystal. Kamu bisa memanfaatkan event Top-Up Giveaway Slime Surprise untuk membeli Diamonds yang kamu butuhkan.

Day 3

Di hari ketiga ini kamu bisa mengulangi semua ritual “Daily Mission” dan "Xavier's Mysterious Item" yang kemudian dilanjutkan dengan menghabiskan Odin Blessing untuk memperoleh Stamina.

Setelah kamu mendapatkan semua Stamina, kamu bisa mulai mengupgrade equipment milikmu sambil melakukan Smelting untuk membuat Phracon I, Carnium I, Bascyx I dengan memanfaatkan barang-barang yang kamu dapatkan dari Mining dan Fishing.

Setelah selesai Smelting dan upgrade, kamu bisa mengulangi lagi ritual tiga hari dari hari pertama dan seterusnya hingga akhirnya kamu berhasil mencapai awakening Tier pertama dan kedua.

Ritual tiga hari ini bisa dipakai terus hingga akhirnya kamu membutuhkan ikan yang berbeda untuk Phracon II, Carnium II, Bascyx II. Kamu bisa melihat daftar kebutuhan untuk item-item tersebut di bagian Life Skill.

Tips Tambahan

Kalau tiga hari terlalu lama, kamu bisa saja memangkas satu hari dengan cara mengorbankan satu Life Skill. Kamu bisa saja fokus pada Fishing dan Smelting lalu membeli Upgrade Metal di Exchange Center. Atau lakukan Mining dan Smelting lalu membeli Ikan di Exchange Center.

Kedua cara di atas memiliki pro dan kontranya masing-masing. Bila kamu fokus ke Fishing dan Smelting maka kamu bisa melakukan upgrade dengan sangat cepat, tapi membutuhkan biaya yang tidak sedikit ketika melakukan Refine.

Bila kamu memilih Mining dan Smelting, proses Upgrade akan menjadi lambat karena Mining tidak memiliki hasil batu yang pasti. Tapi untuk kedepannya untuk Refine dan Enchantment akan menjadi lebih mudah.

Bila kamu mengalami kekurangan bahan ketika stamina sudah habis, kamu bisa membeli bahan tersebut ke pemain lain melalui Exchange Center.Bila kamu kehabisan Crystal kamu bisa menukarkan Diamonds yang bisa kamu beli dengan murah dan aman di Razer Gold. Lakukan Top-up Razer Gold untuk mendapatkan Diamonds yang kamu butuhkan, dan menghindari membuang-buang waktumu.

Jika kamu kekurangan Stamina, kamu bisa menjalankan Minigame "Arm-Wrestling" di Tavern kota Prontera,Morroc, atau Alberta.

Dalam satu hari kamu Sehari bisa mendapatkan dua Stamina Potion(60 Stamina). Kalau kamu merupakan pengguna Member VIP, kamu bisa mengambil opsi Minigame+1 sehingga mendapatkan tambahan satu Stamina Pot. Kamu bisa membeli Member VIP melalui Razer Gold.

Jangan lupa, Razer Gold menyediakan event Top-Up Giveaway Slime Surprise yang detailnya bisa disimak di http://bit.ly/razergoldrox.