Setiap orang berhak memiliki kesempatan untuk mengubah passion mereka menjadi sebuah bisnis. Empat belas tahun lalu, YouTube memulai upaya ini dengan meluncurkan Program Partner YouTube, dan sejak saat itu, mereka telah meluncurkan berbagai macam cara agar kreator dapat menghasilkan uang selain dari iklan.
Maka dari itu, untuk makin membantu memperkuat hubungan kreator dengan para penontonnya di Indonesia, YouTube akan meluncurkan fitur Super Chat dan Super Stickers di Indonesia. Kreator yang berpartisipasi dalam Program Partner YouTube dapat menggunakannya mulai hari ini.
Di Indonesia, ada banyak kreator yang sudah memanfaatkan langganan channel untuk memperkuat hubungan dengan para penontonnya. Pada Juni 2021, ada lebih dari 50 ribu penonton di Indonesia yang telah membeli langganan channel di YouTube – jumlah ini naik lebih dari 500% dibanding tahun sebelumnya.
Selain itu, juga pada bulan dan tahun yang sama, ada lebih dari 1.500 channel di Indonesia yang memperoleh penghasilan dari produk monetisasi alternatif di YouTube seperti langganan channel – jumlah ini naik 2.400% dari tahun sebelumnya.
Dirancang untuk membantu penggemar dan kreator untuk terhubung satu sama lain, penonton juga dapat menggunakan Super Chat dan Super Stickers untuk mendukung kreator favoritnya tidak hanya pada saat live streaming dan Premiere, tetapi juga beragam video mereka.
Dengan fitur ini, kreator juga dapat mendiversifikasi sumber pendapatannya sembari memperkuat hubungan mereka dengan para penonton:
“Selama 12 tahun sebagai kreator musik dan game di YouTube, saya belajar bahwa kreator saat ini harus memahami konsep multiformat - mulai dari video on demand (VOD), short-form hingga live streaming. Salah satu cara yang dapat membantu kreator untuk berkembang adalah, pertama, monetisasi di luar iklan, kedua, fitur untuk memungkinkan interaksi yang lebih bermakna. Selain channel membership yang tersedia di Indonesia beberapa tahun lalu, super chat dan stiker memberi kreator akses ke sumber pendapatan tambahan sekaligus meningkatkan interaksi dengan komunitas kami” cerita Christopher Devin, seorang kreator YouTube.
“Kita semua mungkin telah mendengar tren seputar 'mabar' (bermain bersama) yang telah meningkat secara signifikan selama beberapa tahun belakangan. Sebagai kreator game di YouTube, saya menyadari bahwa semua ini bukan hanya karena momentum, tetapi yang terpenting, hubungan yang bermakna dengan komunitas kami. Eratnya hubungan tersebut membuat kreator dan penonton merasa seperti bermain bersama, menyebarkan kegembiraan satu sama lain. Itulah mengapa saya berterima kasih atas peluncuran Super chat dan sticker. Tidak hanya membuka aliran pendapatan lain tetapi juga memungkinkan kami untuk lebih terlibat dengan komunitas kami” tambah Hans Christian atau “The Jooomers”.
“Kreator saat ini telah berkontribusi ke ekonomi kreatif dan mendefinisikan apa artinya menjadi pemimpin opini, menggunakan YouTube sebagai platform untuk menyebarkan hal - hal positif dan memulai perubahan. Oleh karena itu, kami terus berkomitmen untuk membantu para kreator membangun hubungan yang baik dengan penggemar mereka dan membangun lebih banyak cara untuk membantu mereka berkembang lebih jauh. Kami tidak sabar untuk melihat bagaimana kreator Indonesia menggunakan Super Chat dan Super Stickers!” tutup Barbara Macdonald, Product Manager, Paid Digital Goods.
Super Chat dan Super Stickers merupakan sarana agar penggemar dapat berinteraksi dengan kreator selama live chat. Penonton dapat membeli Super Chat untuk menandai pesannya dalam live chat.
Penonton juga dapat membeli Super Stickers untuk melihat gambar digital atau animasi yang muncul di feed live chat. Penonton dapat membeli Super Chat dan Super Stickers dengan berbagai harga mulai hari ini.
Upcoming Tournament | Lihat Semua > | |
---|---|---|
Belum ada event
|
Ongoing Tournament | Lihat Semua > | |
---|---|---|
Belum ada event
|
Video Pilihan | ||
---|---|---|
|