Kemenparekraf Siap Hadirkan Lebih Banyak Event Esports di 2023

Billy Rifki
01/09/2022 13:00 WIB
Kemenparekraf Siap Hadirkan Lebih Banyak Event Esports di 2023
youtube

Geliat esports Indonesia makin menunjukan grafik positif. Pergerakan PBESI dalam mengelola regulasi esports serta memperkenalkan ekosistem yang menjanjikan di Indonesia bakal dipertontonkan dalam kejuaraan dunia esports, IESF World Champhionship, Bali.

Event ini adalah agenda esports terbesar dari IESF dan Indonesia berhasil terpilih jadi penyelenggara acara berkat lobi-lobi yang dilakukan PBESI pada acara IESF sebelumnya di Eilat, Israel.

PT Media Esports Indonesia

Menggunakan konsep outdoor, akan ada beberapa stage yang dipertandingkan dengan atap terbuka berlatar belakang pantai. 120 negara dan 700 lebih atlet bakal didatangkan untuk mengikuti acara ini.

Dalam bincang-bincang Weekly Press Briefing with Sandiaga Uno yang ditayangkan via YouTube Kemenparekraf, sang Menteri Pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga Uno ditemani jajaran PBESI menjelaskan soal ekspektasi Kementrian dan PBESI untuk IESF World Champhionship.

"Ini esports seperti yang disampaikan Pak Sandi sebelumnya untuk membangkitkan pariwisata salah satu tujuannya. Jadi kalau ada event besar skala internasional, pastinya akan datang banyak. Harapannya di acara World Esports Champhionship IESF Bali nanti ada sekitar 700 lebih atlet dan dengan official sekitar 1500-an. Tapi kami yakin itu akan jauh lebih banyak dari itu yang akan hadir. Supporter esports itu dikenal dengan militansinya," ujar Muhammad Neil El Himam selaku deputi bidang ekonomi digital dan produk kreatif Kemenparekraf.

Selain IESF Bali pada Desember 2022 nanti, Indonesia bakal jadi tuan rumah untuk dua event dunia lain di Januari 2023 yakni MLBB World Series M4 dan PUBG Mobile Global Champhionship alias PMGC.

Ini menunjukan kesiapan dan animo masyarakat pecinta esports yang besar sehingga dua event tersebut berlabuh di Indonesia.

Kemenparekraf pun berkomitmen dan siap untuk mendukung kegiatan esports lainnya di tahun 2023 dan seterusnya terutama memberikan support dalam hal promosi, pariwisata dan perizinan.

"Untuk tahun 2023 kedepan tentunya kita akan selalu mendukung kegiatan esports ini terutama dari sisi-sisi yang lebih kepada promosi, perizinan dan sebagainya," sambungnya